GOSONG!!! adalah IP ( Intellectual Property ) game dengan genre simulation, action, dan time management dengan menggunakan platform mobile. Game ini memiliki tujuan untuk menghadirkan IP yang dibuat dapat merepresentasikan konten lokal, dan juga sebagai media untuk memperkenalkan makanan Indonesia yang berasal dari Jawa. Premis dari game ini yaitu Kehidupan satu keluarga sederhana. Mereka harus berjuang keras untuk perekonomian mereka karena sang ayah telah meninggal. Akhirnya mereka membuka sebuah warung makan kecil. Sedikit demi sedikit, mereka bisa mengumpulkan uang. Namun, terdapat rintangan yang harus mereka lewati agar mereka tetap bisa menaikkan perekonomian mereka.

Gambar diatas merupakan hasil dari konsep 2D yang telah saya buat. Untuk art style, saya mengadopsi dari game “Autonauts” karena memiliki shape yang simple / sederhana. Untuk color style, saya mengadposi dari game mobile “Butter Royale” karena warna dari game tersebut terlihat lembut sehingga dimata pemain terlihat relaxing. Dan untuk gameplaynya, saya mengambil referensi dari game “Overcooked” karena menurut saya, game tersebut asik untuk dimainkan bersama sama dan dengan gameplay seperti, akan leih mudah untuk memperkenalkan makanan Indonesia khas Jawa. Dibawah ini terdapat beberapa konsep dari makanan khas Jawa.

Makanan yang tersedia adalah Jadah Tempe Bacem, Jenang Kudus, Lumpia Semarang, dan Tahu Petis. Ini merupakan konsep 2D yang telah saya buat. Rata – rata, menggunakan basic shape seperti hexagon ( segi enam ), kubus, dan balok. Untuk gambar di bawah ini, adalah hasil 3D dari asset – asset yang telah saya buat konsep 2D nya.

Untuk membuat blocking asset seperti diatas, saya menggunakan software Autodesk Maya 2018. Setelah selesai membuat blocking, lanjut ke bagian Retopology dan UV Unwrap dengan menggunakan software yang sama yaitu Autodesk Maya 2018. Lanjut, ke bagian baking asset, saya menggunakan software Substance Painter dan juga Texturing menggunakan software yang sama seperti baking. Setelah semua asset sudah di beri texture, saya meng animate karakter saya di Autodesk Maya 2018. Dan setelah sekiranya semua sudah ok, saya lanjut ke bagian Leveling Design atau penyusunan asset yang telah saya buat di software Unreal Engine 4. Setelah semua sudah sesuai, dilanjutkan untuk merender semua asset yang ada. Terakhir, semua hasil render yang telah selesai langsung di pindahkan ke After Effect 2021 untuk editing dan compositing agar hasil akhir dari trailer game “GOSONG!!!” bisa lebih memuaskan lagi.