Tujuan dari perancangan komunikasi visual ini adalah untuk meminimalisir
mengonsumi gula secara berlebihan di usia muda karena dapat menimbulkan berbagai
jenis penyakit tetapi memiliki dampak positif juga buat tubuh. Gula bisa menjadi
teman dan musuh tergantung pada seberapa seimbang konsumsinya. Gula menjadi
bahan pokok dalam industri kemajuan makanan dan minuman Di satu sisi, gula
merupakan sumber energi yang penting untuk membantu dalam aktivitas sehari-hari
dan meningkatan mood sehingga sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Namun, di
sisi lain, konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat
diikuti oleh penurunan yang drastis, yang dapat menyebabkan perasaan lelah dan
lemas, meningkatkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kondisi
kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penulis membuat animasi edukasi berjudul “Gula
Bisa Menjadi Teman dan Musuh” dalam bentuk animasi 2D karena sangat mudah
untuk dibuat dan target usia penonton adalah 15 tahun hingga 30 tahun.