Ephemeral adalah sebuah projek film animasi pendek yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya bagi orang tua untuk lebih memperhatikan kebutuhan emosional anak. Film pendek ephemeral dibuat dengan menggunakan style 3D animation, film ini memiliki tema drama dan bercerita tentang relasi antara orang tua dan anak.Film ini juga memiliki karakter dengan menggunakan konsep anthropomorphic, oleh karena itu penulis melakukan riset tentang gerakan karakter – karakter kartunis agar bisa mendapatkan bentuk gerakan yang bagus untuk model karakter dengan prinsip anthropomorphic tersebut.menggunakan Film ini dibuat sebagai projek akhir kuliah sebagai syarat kelulusan jenjang pendidikan strata 1.

Pada proses pembuatan gerakan pada film animasi pendek Ephemeral dimulai dengan mencari refrensi gerak karakter melalui oberservasi terhadap refrensi – refrensi berupa film pendek animasi yang memimiliki tema yang mirip melalui youtube, film Ephemeral memiliki sebuah karakter anthropomorphic berbentuk bunga karena karakter ini memiliki bentuk yang unik maka sangat penting untuk melakukan riset gerakan. Berikutnya penulis melakukan breakdown gerakan yang ada di dalam scene untuk menentukan berapa lama durasi setiap scene dan menentukan angle penggunaan camera bedasarkan storyboard dan animatic yang sudah di buat oleh script writer.film animasi pendek ephemeral ini tidak menggunakan dialog sama sekali, sehingga penulis membuat gerakan karakter yang lebih ekspresif untuk menyampaikan intensi yang ingin di sampaikan dan menggunakan sound effect yang unik demi menggambarkan situasi tertentu yang ada pada scene.

Melalui pembuatan film animasi pendek ephemeral ini diharapkan agar bisa memberi dan meningkatkan kesadaran bahwa seorang anak tidak hanya memerlukan kebutuhan ekonomi saja namun sangat memerlukan kehadiran orangtua dan perhatian emosional selama masa pertumbuhan mereka. Demikian lah penjelasan singkat mengenai pembuatan dari animasi ephemeral ini. Penulis berharap dapat bermanfaat bagi pembaca.

Penulis,

Johannes Nicholas Steven