Orang-orang pada daerah dataran rendah ingin menanam stroberi, tetapi iklim panas tersebut tidak sesuai untuk pertumbuhan optimal, maka dibuatlah iklim buatan. “STRAWBERRY DATARAN RENDAH” adalah animasi 2D motion graphics yang bertema edukasi.

KONSEP

Konsep animasi “STRAWBERRY DATARAN RENDAH” dibuat karena ketertarikan yang dalam terhadap tanaman oleh sang penulis, sehingga penulis ingin membuat sebuah animasi edukasi untuk memberikan informasi dalam perawatan tanaman, yang disini secara spesifiknya yaitu tanaman strawberry.

Tanaman strawberry bisa tumbuh dengan optimal pada dataran tinggi karena memiliki kondisi tumbuh seperti negara asalnya, Amerika Serikat. Akan tetapi, jika ditanam pada dataran rendah, maka diperlukan perhatian tambahan supaya bisa tumbuh dengan optimal, karena suhu yang optimal untuk tanaman strawberry yaitu berkisar dari 17-20 ̊C.

Dalam animasi edukasi ini diperlihatkan cara mempersiapkan penanaman strawberry sampai perawatan. Referensi yang dipakai berdasarkan riset pustaka dari buku dan jurnal yang membahas mengenai penanaman strawberry.

Desain yang digunakan memiliki warna yang cerah karena ditargetkan untuk anak-anak sekitar umur lima sampai delapan tahun, dimana mereka masih tertarik dengan warna-warna yang cerah.

KESIMPULAN

Animasi edukasi “STRAWBERRY DATARAN RENDAH” ini menyampaikan informasi mengenai penanaman strawberry pada dataran rendah yang panas dengan menggunakan iklim buatan.

Animasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan anak-anak dengan harapan dapat membantu mendorong mereka dalam mencoba untuk menanam dan membudidayakan strawberry pada dataran rendah, dan menjadi inspirasi supaya masyarakat mau mencoba menanam lebih banyak jenis tanaman yang biasanya dianggap tidak bisa tumbuh pada dataran rendah.

Penulis.
Wili Wijaya