History and Its Impact of Proxy War adalah sebuah proyek animasi 2d dokumenter yang menceritakan tentang sejarah dan dampak dari perang proksi. Animasi ini bertujuan untukmeningkatkan pengetahuan di masyarakat tentang ancaman dan bahaya dari perang proksi ini. Pembuatan film animasi dokumentar ini dimulai dengan riset mengenai perang proksi dengan membaca jurnal, buku, dan artikel yang mengenai tentang tema ini. Setelah itu pembuatan animasi dokumenter ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu, pre-production, production, post-production.

Pada tahap pre-production, penulis melakukan pencarian berbagai referensi untuk membuat beberapa alternatif scene gambar dan referensi environment yang nanti akan diproduksi. Lalu penulis mencari referensi untuk compositing lalu membuat storyboard. Kemudian penulis membuat script untuk film animasi yang akan diproduksi.

Lalu pada tahap production penulis membuat asset karakter sesuai dengan story board yang telah dibuat menggunakan aplikasi blender dan autodesk sketchbook untuk penggambaran. Lalu membuat rekaman voice over yang berdasarkan skrip yang telah dibuat, lalu terakhirmemproduksi animasi.

Pada tahap post-production penulis melakukan proses compositing dengan menggunakan aplikasi adobe after effect untuk menggabungkan animasi, latar belakang music, rekaman suara, menambah subtitle, sound editing, serta menambah transisi untuk dicocokan dengan sound effect yang telah dibuat menjadi satu film animasi dokumenter ini.

Penulis,

William Joviano