Bunda & Buni adalah animasi pendek 2D yang bertema kenakalan remaja dan dampaknya terhadap hubungan keluarga. Tujuan dari animasi ini adalah untuk memberi pesan moral kepada keluarga mengenai kenakalan remaja dan menjalin hubungan yang harmonis. Animasi ini menceritakan sekeluarga kelinci yang terdiri dari Bunda dan anaknya yang nakal bernama Buni. Hubungan Bunda dan Buni tidak harmonis karena Bunda yang terlalu sibuk bekerja sementara Buni melakukan ulah setiap harinya. Suatu hari Buni belum pulang karena sedang bermain di tempat berburu bersama teman-temannya. Bunda yang mendapat firasat buruk harus pergi mencari Buni di tengah hujan deras sebelum pemburu menemukan anaknnya terlebih dahulu.

Pada pembuatan animasi ini, hal yang paling saya utamakan adalah pembuatan desain karakter karena karakter-karakter tersebut adalah inti utama dari cerita ini. Maka dari itu, saya membuat penggambaran karakter yang menarik dan mudah diingat. Karakter desain ini disesuaikan dari sifat masing-masing karakter. Bunda digambarkan sebagai seorang ibu yang tegas, maka saya menggambarkannya memiliki mata yang lebih tajam, dan mengenakan celemek merah, tubuhnya memiliki lekukan seorang Wanita. Buni adalah anak yang nakal, maka digambarkan memiliki jambul dan gigi tonggos, selain itu dia memilki bentuk bulat di bagian kepala dan mata untuk menampilkan sifat kekanakan.

Selain karakter desain, visual environment juga mendukung hasil animasi yang baik. Environment dari animasi ini adalah hutan, tempat tinggal karakter, dan padang rumut. Pada tahap ini, saya melukis background-background yang dibutuhkan dalam scene animasi dengan metode pewarnaan watercolor.

Warna background ditentukan dari lighting cuaca, dan waktu, hal tersebut juga mempengaruhi suasana yang terjadi di dalam cerita.

Berikut adalah beberapa screenshot scene di dalam animasi Bunda & Buni:

Melalui proses pembuatan animasi tersebut, saya mengutamakan konsep desain visual karakter dan environment sebagai poin kuat dalam animasi pendek untuk mendukung cerita yang sederhana. Penggunaan karakter binatang juga merupakan poin menarik karena jarang digunakan dalam menceritakan tema kenakalan remaja.

Demikian sekilas proses pembuatan animasi pendek “Bunda & Buni”, semoga menjadi manfaat dan referensi bagi yang membaca. Sekian dan terima kasih.

Penulis.

Karen Putri Tjahjadi