Belajar Dasar BISINDO” merupakan judul dari animasi edukasi yang mengajarkan tentangBahasa Isyarat Indonesia atau BISINDO melalui dua (2) karakter Bima dan Sita. Tujuan darianimasi edukasi ini adalah sebagai media pembelajaran bagi masyarakat yang mempunyaikontak langsung dengan penyandang tunarungu serta bagi masyarakat umum yang inginbelajar bahasa isyarat BISINDO.

 

Proses brainstorm desain karakter menggunakan teori desain karakter dimana sifat karakterdirepresentasikan melalui bentuk dan sudut seperti kotak, lingkaran, dan segitiga. Setelah itudilanjut dengan sketsa desain alternatif untuk kedua karakter hingga tercapailah desain final dari karakter Bima dan Sita.

Setelah itu penulis melanjutkan ke proses pembuatan model 3D karakter Bima dan Sita, proses ini dilakukan melalui software Blender. Setelah model 3D selesai, penulis lalumemberikan material pada fitur-fitur karakter seperti detail wajah, rambut, serta pakaian. Kemudian penulis membuat rigging karakter untuk menggerakkan kepala, badan, dan jaritangan. Untuk ekspresi mulut penulis memutuskan untuk menggunakan rig texture denganmembuat berbagai macam bentuk mulut yang merepresentasikan huruf seperti bentuk muluta, o, i, m, dsb.

Setelah material dan rig telah dipasang, penulis kemudian melanjutkan proses animatingkedua karakter. Durasi final yang harus dianimasikan dari animasi edukasi ini adalah 5 menitatau 7200 frame. Setelah proses animating selesai, dilanjut dengan rendering. Render animasimenggunakan Cycles yang disediakan dari Blender.

Animasi edukasiBelajar Dasar BISINDO” ini dibuat untuk membantu mengedukasimasyarakat yang mempunyai kontak langsung dengan penyandang tunarungu sepertikeluarga, kerabat, teman, dll. Animasi edukasi ini dikemas dengan visual yang menariksehingga dapat menarik minat smasyarakat umum yang mempunyai akses Youtube. Harapan penulis dengan dibuatnya animasi edukasi ini, masyarakat Indonesia dapat menjadi lebihtertarik untuk belajar Bahasa isyarat BISINDO.