Bahaya Gadget bagi Tubuh merupakan animasi edukasi 2D yang bercerita tentang Seoranganak yang terus menerus bermain gadget sehingga terjadi penyakit yang muncul sepertikepala pusing dan anak menjadi harus memakai kacamata dan akhirnya ayahnya memberikanedukasi tentang bahaya gadget bagi tubuh nya. Tujuan dari dibuatnya Animasi Edukasi iniadalah menyampaikan tentang Informasi melalui karya visual yang dibuat semaksimalmungkin dapat memberikan sebuah gambaran bahaya-bahaya dari gadget dan hasil  datayang dikumpulkan.

Metode penelitian yang digunakan penulis dibagi menjadi 3 garis besar yaitu, tahap pre-produksi, produksi dan post-produksi. Pada tahap pre produksi penulis mengambil sebuahtema berdasarkan kemampuan dalam menjangkau informasi dan mendapatkan respon melaluikuesioner yang menjadi penguat dalam keputusan mengangkat tema ini. Dan Pencarian Teoridan Referensi, Teori yang didapat berdasarkan kebutuhan diambil dari sebuah bukubukuyang berkenaan dan referensi diambil di tempat dimana tema ini diangkat Lalu desainkarakter, Desain karakter dibuat berdasarkan kecocokan dengan sudut pandang anak-anakdan dianggap menarik baik itu dalam proporsional tubuh dan lain – lain.

Selanjutnya tahap Produksi penulis membuat sebuah karakter animasi 2D menggunakansoftware Illustrator. Setelah proses pembuatan asset di illustrator selsai, hasil offline akan di compose pada Adobe Premiere. Tahap terkakhir adalah post-produksi mencari Musik & SFX, proses sebuah proses penambahan efek suara karakter dan juga music yang sesuai. Lalu Final Output, Setelah semua proses selesai, dilakukan online rendering sehingga menjadi satuvideo keseluruhan.

Film animasi edukasi berjudul “Bahaya Gadget Bagi Tubuh” yang dibuat oleh penulis ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat bahwa dengan gadget dapat menimbulkan bahaya yang akan dialami oleh penggunanya jika digunakan terlalu lama.

Penulis.
Indra Omar Massoud