The Art of “Class”

Film animasi pendek berjudul “Class” ini membicarakan tentang kelas sosial dan dampakburuk dari tindakan menstereotipkan yang ada di masyarakat. Genre film ini adalah thriller dan berdurasi sekitar 3:40 menit. Film ini menceritakan tentang tiga karakter dari kelas sosialberbeda yang dipertemukan dalam lift di suatu mal. Lift berhenti beroperasi dan tiga karakterharus bekerja sama untuk mencari jalan keluar. Dalam lift terdapat berbagai tantangan yang dapat menggambarkan perbedaan kelas sosial yang ada dan juga kesulitannya. Tujuan darifilm animasi pendek ini adalah untuk menggambarkan kelas sosial yang ada sehinggapenonton dapat mengetahui akan kesulitan setiap kelas sosial yang ada dan juga dampak daritindakan stereotip yang sudah mengakar di masyarakat

Tiga karakter dalam film animasi pendek ini adalah wanita pekerja, wanita sosialita dan anakremaja. Karakter menggambarkan mereka yang berada di kelas sosial berbeda namunbeberapa karakter memiliki unsur plot twist dimana apa yang dikenakan tidak sesuai dengankelas sosial mereka sebenernya sehingga poin dari dampak buruk menstereotipkan seseorangdari penampilannya dapat lebih terasa. Desain karakter memiliki bentuk yang simple denganoutline yang cukup tipis dan juga pewarnaan dengan shading yang minim. 

 

Film animasipendek ini memiliki environment dengan tekstur yang kasar dan disesuaikan dengan objekpada film. Color palette yang digunakan adalah warna hijau, kuning hingga coklat untukmenunjukkan suasana film yang menegangkan. Latar utama film ini adalah lift sehingga sayaberfokus dalam pembuatan desain lift. Dikarenakan dalam lift terdapat berbagai tantangansehingga dalam film terdapat perubahan dalam desain lift seperti lantai lift yang tiba-tibaterbuka, lift yang menjadi terbalik hingga lampu lift yang memanas dan dapat terbuka yang memungkinkan karakter memasuki ruangan lain melalui lampu tersebut.

Demikian penjelasan singkat tentang film animasi pendek saya yang berjudul “Class” ini. Semoga artikel ini dapat berguna bagi orang-orang. 

Penulis.
Widyadhana Salsabila Putrianny

__________________________________________________________________________________