Microplastic Inside Human” merupakan suatu animasi edukasi bertema bahaya mikroplastik di lautan terhadap biota dan manusia yang dibentuk dalam sebuah video pendek dan dibagikan melalui kanal YouTube.

 

Animasi edukasi “Microplastic Inside Human” akan membahas mengenai mikroplastik. Pada animasi edukasi “Microplastic Inside Human” terdapat satu karakter yang akan menjalaskan tentang mikroplastik yang bernama Clamy. Clamy merupakan karakter dalam bentuk kerang sebagai representasi biota laut yang sering dikonsumsi oleh manusia. Clamy sangat sedih karena tempat tinggalnya dicemari oleh sampah plastik yang terdegradasi menjadi mikroplastik yang menggenang di lautan.

 

Gaya visual dalam animasi edukasi “Microplastic Inside Human” memiliki referensi dasar karakter yang berasal dari Spongebob, Doraemon dan Kirby. Sedangkan, referensi untuk bagian environment berasal dari kanal YouTube Kurzgesagt – In a Nutshell”.

 

Latar belakang animasi edukasi “Microplastic Inside Human” menggunakan solid color, dapur dan beberapa pemandangan pantai hingga bawah laut. Latar belakang dapur digunakan karena memiliki keterkaitan antara topik pembahasan dengan beberapa hidangan yang biasa dikonsumsi oleh manusia.

 

Penulis mendapatkan ide animasi edukasi “Microplastic Inside Human” berasal dari penelitian terkait peningkatan akumulasi mikroplastik di lautan memiliki dampak buruk terhadap seafood yang dikonsumsi. Berdasarkan riset terkait dampak mikroplastik yang dapat merugikan ekosistem perairan dan manusia dan hasil survey yang penulis lakukan membuktikan bahwa animasi edukasi dapat mempermudah audience untuk menerima informasi. Oleh sebab itu, penulis bertujuan untuk membuat animasi edukasi untuk mengedukasi masyarakat mengenai mikroplastik yang terakumulasi dalam tubuh manusia memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan.

 

Penulis berharap artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan banyak pengetahuan baru bagi para pembaca.

 

Penulis,

Muhammad Naufal Athalla