The Florist and Her Flowers merupakan animasi pendek yang menceritakan seorang anak yang bernama Rosa, ia sangat menyukai bunga-bunga yang cantik dan indah, khususnya bunga Mawar. Meskipun demikian, ada satu tanaman yang sangat Rosa benci, yaitu Pohon Yodium, dikarenakan Pohon Yodium memiliki bentuk yang tidak cantik. Rosa setiap harinya membantu ibunya merawat dan meyiram bunga-bunga di Toko Bunga, namun karena kebenciannya terhadap Pohon Yodium, Rosa tidak mau menyiram Pohon Yodium dan selalu mengabaikannya. Hingga di suatu malam, Rosa terluka dikarenakan menyentuh duri Mawar dan menangis, sang ibu yang melihat hal tersebut pun panik dan segera mencari pertolongan pertama untuk luka di tangan Rosa, namun tidak menemukan apapun sampai Ibu melihat kearah Pohon Yodium yang sejak tadi memanggil-manggil Ibu. Dengan cepat Ibu menyadari hal tersebut dan segera mendatangi Pohon Yodium, dan mencabut dahan milik Pohon Yodium. Ternyata Pohon Yodium adalah tanaman obat yang mampu mengobati luka milik Rosa.

Pada proses pembuatan The Florist and Her Flowers, saya memulainya dengan mencari topik yang ingin diangkat didalam animasi, dan saya memilih topik tentang “Beauty Privilege”

Selanjutnya, saya mulai mencari referensi seputar gerak dari animasi pendek yang sudah ada, dan mulai membuat pre-vis berupa sketsa animasi secara full durasi. Dalam pembuatan pre-vis, saya menggambar secara satu per satu frame hingga membentuk sebuah gerakan yang jelas, setelah sudah cukup jelas saya pun memasukan beberapa sound effect dan background music untuk mendukung animasi pendek.

Selain itu saya juga membuat beberapa sheets ekspresi dari karakter-karakter didalam dan juga pose-pose tiap karakter yang juga digunakan di dalam animasi pendek.

Setelah itu, saya melanjutkan tahap produksi yaitu finishing, dari proses render animasi yaitu lineart, coloring, editing, dan juga memasukkan sound effect beserta background music yang sudah fix.

Berikut adalah beberapa scene final look dari The Florist and Her Flowers.

Demikian sekilas proses pembuatan animasi pendek The Florist and Her Flowers, dengan ini saya harap bisa bermanfaat dalam membantu maupun menginspirasi para membaca.

Sekian dan saya ucapkan terimakasih banyak.

 

Penulis,

Dwi Febrina Putri Br. Samosir

2201743434