Flight adalah animasi pendek yang menceritakan tentang seorang anak yang ingin bisa terbang bemain besama dengan anak-anak lainnya. Dimana lokasi berada di sebuah tebing tinggi yang dikelilingi pulau-pulau yang melayang. Animasi yang dibuat menggunakan  environment yang realis dan juga untuk mempersingkat waktu render maka menggunakan UE4.

Pada tahap awal dibuat dulu proxy, yaitu perancangan environment secara garis besar sehingga lebih mudah untuk menentukan letak karakter, sebab animasi dibuat didalam Maya. Pembuatan landscape dan peletakan objek-objek lainnya dibuatdi UE4 yang diexport-import kedalam Maya.

Karena lokasi pada tempat tebing tinggi dan UE4 tidak memiliki material awan untuk digunakan dalam jarak dekat maka dibuat material awan menggunakan node di UE4. Awan yang dibuat menggunakan material biasa bukan menggunakan particle untuk memperingan sistem dan menghemat waktu render.

Material untuk awan pada jarak dekat, menggunakan konsep dasar dari material kabut dan pengaturan depth fade sehingga semakin dekat dengan kamera maka awan akan terlihat lebih jelas. Lalau agar terlihat seperti awan yang bergerak maka diberi pengaturan input time dengan world position sehingga adanya pergerakan awan tersebut.

Setelah animasi sudah selesai diexport-import dari Maya ke UE4 dilakukan pemasangan material ke karakter dan penyusunan animasi di sequencer. Setelah itu mulai dilakukan detailing untuk final environment di UE4.

Dengan menggunakan render dari UE4 dapat menghasilkan visual realis yang baik serta waktu render yang dibutuhkan jauh lebih cepat sehingga mempermudah proses produksi bila ada hal yang perlu diperbaiki dan di render ulang.

Oleh: Ryan Muliowidjojo