Salah satu faktor yang paling penting buat sebuah game untuk menarik perhatian para pembeli pastinya adalah karakternya! SKY GLEANER adalah sebuah IP game yang dirancang dengan keragaman karakter yang pastinya bisa memikat hati pemain, mulai dari karakter utama keren yang punya peri pendamping yang lucu, cowok tinggi berkulit hitam manis yang cool, sampai anak cewek yang suka banget sama mukulin batu (buat bikin material ceritanya–). Selain estetikanya, latar belakang dan sifat karakter-karakter itu juga sama pentingnya, loh! Percaya gak percaya karakter yang punya latar belakang yang relatable dengan manusia-manusia dan masalahnya akan lebih disukai sama orang-orang! Nah, di artikel ini aku akan bahas sedikit tentang desain dari karakter-karakter dari SKY GLEANER ini.

Setiap game pasti punya lead character-nya, di SKY GLEANER karakter-karakter diatas mengisi peran untuk sang karakter utama dan pendamping setianya. Yuk bahas mereka!

 

  1. Aglaia / Thalia

Mereka adalah kakak beradik kembar yang suka sekali berpetualang mencari hal-hal baru untuk ditemui. Kenapa karakter utamanya dua orang? Nah, alesannya itu supaya pemain bisa pilih mau main pake avatar cowok atau cewek! Selain suka petualangan mereka punya sifat yang baik hati dan tulus, ini dilambangkan dengan baju mereka yang berwarna biru royal (setia) dan putih. Tapi sayangnya mereka suka banget sama yang namanya rusuh alias cari masalah (Ini konsep sifat mereka, ya. Sifat mereka sebenarnya mengikuti kalian para pemain!). Karena sifat mereka yang hyper makanya konsep baju mereka dibuat simpel supaya bisa bergerak lebih leluasa.

  1. Titania

Titania ini bisa dibilang kayak “pengasuh” dari Aglaia/ Thalia dan perannya adalah sebagai pendamping atau dynamic duo dari karakter utama. Titania itu suka marah dan emosian makanya dia dibuang dari pulau peri, rumahnya (karena normanya peri itu seharusnya riang suka bercanda). Karena hal ini nih Titania ingin mencoba merubah dirinya dengan cara “mengasuh” Aglaia/ Thalia walaupun lebih sering kelepasan dan ngomel. Karena sifat Titania juga tengil, konsep baju Titania dibuat seperti anak cewek yang lagi melewati masa rebel-nya.

Pastinya kita para gamer kebanyakan tau tentang gonta-ganti class atau okupasi. Gambar-gambar diatas ini menunjukan beberapa konsep pakaian “pekerjaan” yang nantinya bisa dipake juga oleh pemain di dalam game-nya! Ada penambang, koki, petani, sampe penyihir juga ada, pastinya bakal nambah seru gameplay-nya, nih.

Terakhir, ini ada kumpulan karakter yang disebut “The 4 Supremos” nih! Mereka itu adalah NPC yang nantinya akan ngebantu kalian pada saat bermain di dalam dunia SKY GLEANER. Yuk kita bahas singkat!

 

  1. Miximo (Ungu)

Miximo itu adalah seorang anak yang pandai banget meramu obat-obatan dan bahan-bahan lainnya dengan efek yang beda (ledakan, listrik, dll). Karena masa lalunya yang sering ditinggal oleh ortunya kerja, Miximo jadi pendiam dan ga suka diajak ngomong, Nah kita sebagai pemain harus bantu dia untuk mengatasi hal itu. Sifatnya itu disimbolisasikan dengan pakaiannya yang tertutup dan berwarna gelap.

 

  1. Obsidia (Merah)

Obsidia ini sangat ceria dan suka becanda. Dia memilih untuk jadi pandai besi untuk ngebuang energinya yang berlebihan dan jatuh cinta pada pekerjaannya. Dibalik keceriaannya itu dia sebenarnya sangat insecure sama keahliannya dan akan tergantung pada kita pemain untuk bantu anak cewek yang lucu ini. Pakaian Obsidia mereferensikan pandai besi dan sedikit terbuka dengan aksen utama warna merah untuk menonjolkan sifatnya.

 

  1. Arden (Hijau)

Arden ini adalah seorang petani yang punya sifat luar biasa malu sama orang lain, tapi hebatnya dapat menempatkan diri diantara hewan-hewan. Tantangan pada pemain adalah untuk mendapatkan kepercayaan Arden agar dia mau membuka diri kepada kita. Karena sifat malunya, Arden menggunakan pakaian ekstra agar dia bisa lebih merasa “aman” dari faktor-faktor luar.

 

  1. Dijon (Biru Tosca)

Siapa sih anak cewek yang gak suka sama cowok abang ganteng. Dijon ini didesain berdasarkan fakta itu. Dia koki yang suka mabok alian alkoholik. Dijon punya warna kulit yang lebih gelap karena dia tidak berasal dari wilayah dimana SKY GLEANER ditempatkan. Pakaiannya menampilkan dia selayaknya koki dengan tambahan aksen biru untuk menonjolkan sifatnya yang elegan.

 

Nah, untuk menutup. Aku persembahkan karakter-karakter SKY GLEANER dalam style pixel! Inget ya teman-teman semua, Bikin karakter yang bagus, cantik, mempesona itu keren, tapi akan lebih keren lagi kalau kita kasih karakter tersebut “kehidupan” lewat pemberian sifat dan latar belakang yang menarik dan kalau bisa RELATABLE. Intinya adalah perhatikanlah aspek-aspek pada karakter-karakter yang sudah kamu sukai dan bedahlan faktor apa saja yang kamu suka dari karakter tersebut. Lalu jadikanlah itu sebagai referensi pembuatan karaktermu sendiri, tentunya kasih desainmu sendiri yang unik, ya! Jangan pernah plagiat!

 

 

 

Penulis,

Ario Mardiko