“HUSTLE” adalah sebuah film animasi pendek 3D yang menceritakan kisah Mike, seorang pekerja kantoran yang ambisius melewati sebuah toko donat yang baru saja dibuka saat akan pergi ke kantornya, keinginannya membeli sebuah donat selalu gagal karena terlalu sibuk dan aktifitasnya yang padat. Sampai suatu kejadian merubah cara pikirnya berpikir tentang hidup. Animasi ini dibuat dengan mengangkat tema hustle culture dengan tujuan untuk menyebarkan kesadaran kepada audiens akan buruknya gaya hidup tersebut.

Visual animasi didesain dengan memahami cerita yang telah dibuat, kemudian melakukan observasi dan studi yang dibutuhkan untuk mendapat gambaran tema yang diangkat. Setelah melakukan brainstorming, penulis melanjutkan dengan membuat concept art karakter dan environment. Desain karakter disesuaikan dengan sifat dan kebiasaan tiap karakter, seperti dalam pemilihan shape tubuh, pakaian, warna, dan postur tubuh. Untuk desain environment disesuaikan dengan cerita dan hasil observasi, khusus interior rumah dan kubikel kerja Mike didesain dengan mencocokkan kepribadian dan kebiasaan Mike di ruangan tersebut.

Dari concept art yang telah dibuat tadi, akan digunakan sebagai acuan pembuatan 3D model aset. Desain visual animasi “HUSTLE” memiliki style kartun dengan pilihan warna yang cerah dan bentuk yang sederhana, penulis ingin membuat visual yang menggambarkan hidup keseharian.

Demikian sekilas proses pembuatan desain visual animasi pendek “HUSTLE”, semoga dapat memberi manfaat bagi anda. Terima kasih.

Penulis

Ayesha Sabila Adzhany