“Netscape” adalah sebuah film pendek animasi berdurasi 3 menit yang bercerita tentang seorang remaja pelaku cyberbullying yang terjebak di sebuah dunia virtual dan menjadi incaran pasukan robot polisi cyber. Cyberbullying bukanlah istilah yang asing lagi bagi kita, berbagai fenomena seringkali kita jumpai di internet. Berbagai dampak serius muncul dari perilaku cyberbullying, meskipun hal ini sudah seringkali ditunjukkan dalam berbagai studi, masih banyak dari masyarakat yang menganggap cyberbullying sebagai candaan belaka.

Untuk membawa topik mengenai cyberbullying, dan guna meningkatkan kesadaran akan isu ini, diputuskan untuk mengangkat sebuah cerita melalui perspektif si pelaku itu sendiri. Guna membawakan tema yang cukup serius ini dengan menarik, penulis menggunakan tema fantasi dan cyber dari konsep dunia virtual yang terinspirasi dari istilah ‘dunia maya’. Selain itu, untuk menghasilkan visual dan gerak yang menarik, film animasi pendek ini dikemas dalam bentuk dua dimensi dengan teknik animasi hand-drawn.

Ada dua karakter dalam animasi pendek ini, yaitu Neo dan Police-Bot. Kedua karakter didesain dengan penampilan dan siluet yang kontras satu dengan yang lain. Neo, karakter utama, memiliki tubuh ramping dan sedikit bungkuk. Ia digambarkan menggunakan set kaos yang dipadukan dengan jaket hoodie yang digulung sebagian lengan untuk menggambarkan karakternya yang energik. Karakter robot polisi, Police bot, digambarkan dengan siluet yang kokoh dan tegap, menggunakan proporsi upper-body yang berbentuk segitiga untuk memberikan kesan mengintimidasi

Perancangan environment untuk film animasi pendek ini dibagi menjadi dua latar besar yaitu dunia maya dan dunia asli. Penggunaan warna di kedua dunia mempunyai perbedaan, dari segi intensitas dan saturasi untuk melambangkan perbedaan dua dunia. Desain dunia maya lebih kontras dan cenderung monokrom dibandingkan desain dunia asli. Selain perbedaan warna, penulis juga menggunakan tekstur pada desain environment untuk menambahkan detail agar tidak terkesan monoton.

Demikian penjelasan singkat konsep dan sedikit pembahasan visual dari film animasi pendek “Netscape”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah inspirasi serta referensi bagi yang membaca. Terima kasih.

 

Penulis,

Maria Angela Jansen