Gradasi Anak Kampus merupakan suatu Intellectual Property untuk mendukung pembuatan webcomics. Rancangan ini mengisahkan Ajeng, seorang gadis lugu yang untuk pertama kalinya bertekad merantau ke Jakarta sebagai mahasiswa. Kesan asing dengan suasana baru membuatnya kesulitan beradaptasi hingga suatu saat ia tidak sengaja masuk klub mahasiswa daerah hingga akhirnya bertemu Tama yang memiliki kepribadian bertolak belakang dengannya. Tama merupakan orang yang eksentrik, disebabkan tampilannya yang suka berbicara dengan lantang dan tegas dalam kondisi apapun. Sebab keputusan klub, mereka menjadi partner selama satu semester dan saling membantu setiap kesulitan selama menyesuaikan kehidupan mahasiswa dengan perbedaan budaya dan lingkungan di Jakarta.

Proses pembuatan IP ini diawali tahap pre-production seperti setelah pengambilan ide da research, pembuatan konsep desain karakter diperlukan untuk mengeksplorasi bentuk dari gaya kartun modern dan manga agar sesuai dan dapat diterima sesuai target audience.

Rancangan karakter Ajeng berasal dari beberapa alternatif yang telah dibuat berdasar pada hasil observasi dari karakteristik orang jawa sendiri. Sedangkan konsep karakter Tama merupakan hasil dari beberapa alternatif karakter dengan mempertimbangkan observasi visual anak muda. Karakter terdesain untuk merepresentasikan mahasiswa daerah yang merantau ke Jakarta diantaranya adalah suku Jawa dan Batak.

Masih dalam tahap awal, konsep environment merupakan referensi yang diambil dari kampus Jakarta. Desain ini menjadi tolak ukur untuk membuat lebih banyak visual kampus dengan berbagai ruang bermacam kegunaan.

Setelah itu, masuk pada tahap akhir dimana setelah melakukan animasi, maka akan dilakukan proses rendering final. Nuansa yang dibangun berusaha mengambil pencampuran warna hangat dan dingin.

Demikian proses-proses pembuatan dari Intellectual Property “Gradasi Anak Kampus”. Terima kasih.

Penulis.
Adelia Rizky Margaretha