THE MAKING OF “GADIS DI ATAP SEKOLAH”

Gadis di Atap Sekolah adalah sebuah buku komik digital yang menceritakan yang menceritakan tentang perjuangan kedua anak remaja yang bernama Chris dan May, yang berusaha untuk mencapai impian mereka berdua yaitu menjadi musisi terkenal dengan cara bekerja sama membuat band.

Gadis di Atap Sekolah merupakan karya tugas akhir yang dilatar belakangi oleh permasalahan bagaimana cara komik yang bertema tentang musik di visualkan melalui sebuah gambar. Pada artikel ini, akan membahas proses dan beberapa tahapan penting dalam pembuatan IP komik Gadis di Atap Sekolah.

Tahapan pertama yang sangat penting adalah tahap pembuatan konsep dan desain. Pada pembuatan desain karakter, saya memulai nya dengan mencari berbagai referensi dari berbagai komik lainnya yang mendekati dengan cerita ini agar bisa menentukan sifat dan aksesoris karakter yang akan digunakan.

Karakter pertama yang akan adalah Chris, seorang anak SMA yang mempunyai impian yaitu memiliki band terkenal tetapi, band lamanya bubar karena memilih jalan yang berbeda satu sama lain. Chris pun mencari kru band yang ingin masuk ke band nya dan tidak ada yang mau. Chris pun hampir menyerah hingga bertemu dengan gadis di atap sekolahnya dengan suara yang merdu.

Untuk karakter wanita nya saya membuat karakter yang bernama May. May adalah seorang gadis SMA yang mempunyai impian untuk menjadi penyanyi terkenal. Ketika dia sedang bernyanyi di atap sekolah may bertemu dengan chris dan diajak untuk bekerja sama untuk menjadi penyanyi terkenal.

Sesuai dengan tema yang diangkat, komik ini mengambil latar di sekolah bagian perkotaan jakarta. Untuk desain konsep Environment, saya menggunakan tema di sekolah maka penulis membuat environment yang ada di sekolah seperti lorong sekolah, lapangan sekolah, dan tentu nya atap sekolah. Lapangan sekolah yang penulis buat sedang dibuat untuk dijadikan acara festival sekolah maka dari itu, penulis membuat lapangan tersebut menjadi seperti ada acara musik atau panggung.

Tahap berikutnya adalah pembuatan storyboard dan animatik untuk trailer komik tersebut. Berikut adalah hasil dalam pembuatan storyboard dari trailer Gadis di Atap Sekolah.

Tahap terakhir yang penting untuk pembuatan IP adalah merchandise. Merchandise sangatlah penting untuk memperkenalkan produk lebih luas lagi yang tidak hanya komik tersebut. Berikut adalah produk merchandise Gadis di Atap Sekolah yang akan dibuat.

Demikian dari proses pembuatan IP komik Gadis di Atap Sekolah yang saya buat. Semoga IP komik ini bisa bermanfaat dan dapat menginspirasikan para pembaca agar tidak menyerah pada impian nya masing-masing walaupun ada gejala maupun masalah lain nya.