“Pastimes” merupakan sebuah film animasi pendek ber-genre slice of life dengan unsur fantasi. Film ini mengangkat tema seputar hobi dan rutinitas seseorang pekerja. Penulis menyadari betapa relevan bagi orang-orang untuk memiliki aktivitas favorit yang dapat dilakukan pada waktu senggang. Sebuah penelitian menemukan bahwa hobi memiliki dampak nyata pada kehidupan seseorang, dan melakukan hobi selama satu jam atau lebih setiap hari dapat melindungi seseorang dari demensia di kemudian hari. Selain dari manfaat fisik, hobi juga dapat menjadi sarana seseorang menemukan, mengembangkan bakat, dan menjadi metode relaksasi. Banyak orang yang oleh karena kesibukkan dunia karier dan maraknya hustle culture di generasi ini, menyebabkan mereka untuk berfokus secara berlebihan pada dunia kerja. Oleh karena inilah penulis merasa penting untuk mengangkat tema hobi, sesuatu yang unik dan merupakan bagian dari karakter kita, yang diharapkan dapat meringankan beban tekanan setelah hari panjang bekerja.

Environment dari animasi pendek “Pastimes” ini terletak di sebuah kota besar, yang memiliki baik gedung-gedung kantor dan pencakar langit yang tinggi, maupun gang perumahan yang tradisional atau sederhana, guna menunjukkan kontras antara tempat kerja Ray (karakter utama), yang rumit dan complex dengan tempat di mana Ray menemukan hobinya di sebuah tempat yang sederhana.

Pastimes menceritakan tentang seseorang manager perusahaan bernama Ray yang memiliki keseharian yang penuh dengan kesibukan kerja dan tugas-tugas kantor. Namun, masalah muncul ketika Ray melakukan sebuah kesalahan fatal yang menyebabkan ia dimarahi dengan hebat oleh Boss, yaitu atasan Ray yang memiliki kekuasaan besar di perusahaan tersebut. Ray sangat terpukul bukan hanya karena teguran keras dari Boss namun karena ia juga merasa gagal dalam menjalani tugasnya dengan sempurna. Tetapi dalam perjalanan pulang Ray menemukan sesuatu yang merupakan awal mula dari hobi yang pada akhirnya membawa ketenangan dan kebahagiaan pada dirinya.

 

Berdasarkan cerita yang telah penulis rancang ini, penulis mengangkat tema seputar hobi karena sampai saat ini masih banyak orang-orang yang merasakan stress dan tekanan pada psikologis akibat bekerja atau belajar, dan hobi merupakan salah satu aktivitas yang efektif dalam melawan stress. Dalam perancangan konsep karakter sendiri, penulis merancang karakter Ray sebagai representasi dari masyatakat yang saat ini menjalani rutinitas yang repetitif dan memakan banyak energi, di mana karakter Boss adalah sebagai penggambaran dari orang-orang menyalahgunakan kekuatan dan posisi mereka di tempat kerja dan yang dapat mendatangkan stress bagi karakter utama atau orang-orang seperti Ray yang bekerja di bawahnya.

Dalam film animasi pendek ini, penulis menjadikan hobi aquascape sebagai hobi pilihan Ray, dan hobi tersebut ikut menjadi identitas diri Ray yang nantinya akan membantu dia dalam memproses emosi stress atau tertekan menjadi suatu aktivitas yang membuahkan hasil yang indah. Penulis berharap dengan dibuatnya film animasi pendek berjudul “Pastimes” ini dapat memberikan inspirasi dan pesan yang positif bagi para penonton mengenai pentingnya memiliki dan mencari hobi sejak dini sebagai aktivitas di luar kerja yang dapat mengurangi level stress dan bahkan dapat membantu kita di masa tua dalam melawan dementia.

 

 

Penulis,

Nethania Cornelius