THE MAKING OF HOPE SHORT ANIMATION

Hope adalah film animasi pendek yang menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Putri yang senang menggambar sosok kedua orang tuanya. Orang tua Putri telah meninggal dunia di usia Putri yang masih terbilang kecil, sehingga Putri masih belum bisa melupakannya dan masih berharap disayang oleh kedua orangtuanya. Sekarang Putri sudah berada dirumah yatim piatu bersama dengan Ibu Panti yang baik dan penyayang. Putri berharap Ibu Panti dapat menyayanginya seperti orang tuanya.

Film animasi “Hope” ini merupakan hasil tugas akhir dari mahasiswi animasi Universitas Bina Nusantara. Dalam artikel ini akan membahas mengenai proses perancangan karakter 3D dari awal hingga final film.

 

Sebelum menggambar karakter, lebih baik mematangkan ide cerita terlebih dahulu dan membuat story treatment agar lebih tertata. Dari ide cerita, kita dapat menentukan mood dan ambience dari film, watak dari karakter, serta target market yang sesuai dengan filmnya. Setelah itu kita mulai dari membuat sketsa kasar untuk desain karakter. Buatlah beberapa opsi agar dapat dikembangkan. Bila sudah cocok, kita bisa mulai membuat gambar secara digital. Buatlah t-pose untuk mempermudah membuat karakter 3D. Setelah itu mulai memasukan gambar ke dalam z-brush dan mulai sculpting menggunakan brush yang ada. Disini saya hanya menggunakan brush move, clay build up, dan dam standard. Setelah itu buatlah karakter hingga selesai di detailing.

Demikian proses pembuatan karakter pada film animasi pendek “Hope”. Semoga dapat bermanfaat serta menginspirasi Anda. Terima kasih.