The Making of “FOMO Fear of Missing Out”

Fear of Missing Out adalah animasi pendek yang mengangkat tema tentang fenomena FOMO (fear of missing out) atau tidak mau ketinggalan trend pada dunia saham. Adanya lonjakan jumlah investor dan juga dengan banyaknya orang yang tidak mau ketinggalan trend jual beli saham (FOMO) menjadi alasan saya untuk mengangkatnya kedalam animasi pendek yang bertema saham. Saya juga berniat untuk memberi tahu agar orang-orang terhindar dari perilaku FOMO (Fear of Missing Out).

Pada tahap sketsa visual, disini saya membuat sketsa karakter, dan beberapa scene yang akan dibuat berdasarkan referensi yang sudah dicari oleh penulis. Dalam proses pembuatan sketsa visual, saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Setelah proses pembuatan sketsa, saya membuat storyboard menggunakan teknik 3d (3 dimensi), alasan saya membuat storyboard dalam bentuk 3d dikarenakan keterbatasan saya dalam menggambar manual, dan juga dikarenakan 3d character utama belum selesai dikerjakan oleh penulis, maka dari itu saya menggantinya dengan dummy dari aplikasi 3d yang saya pakai. Dalam proses pengerjaannya saya menggunakan aplikasi Cinema 4d.

Dalam proses pembuatan 3d character penulis dibantu oleh teman dalam pengerjaannya, dan untuk compositing, texturing, rendering¸ animating, dilakukan sendiri oleh penulis menggunakan aplikasi Cinema 4d untuk compositing, texturing, dan animating, dan untuk proses rendering penulis menggunakan render engine Octane Render. Sedangkan untuk pembuatan scene iklan penulis menggunakan aplikasi Adobe After Effects.

Melalui film ini saya bermaksud menyadarkan para investor yang lama maupun yang baru agar terhindari dari perilaku FOMO.

Penulis.
Oktavianto Muhammad Ramiro