Projek “Kang Surat”

Projek Bernama Kang Surat ini adalah projek yang membuat sebuah karakter IP bernama Kang Surat. Awal ide ini adalah karena sedang maraknya atau sedang banyaknya game indie lokal yang telah membuahkan hasil yang cukup baik, baik dalam artian mendapat review yang cukup positif baik dari dalam maupun luar negeri. Bukan hanya itu, Kang Surat ini sendiri nantinya bila terwujud akan bertujuan juga untuk memperluas target audience, dengan pilihan platform di mobile aplikasi dengan ketentuan hardware yang cukup rendah sehingga banyak orang yang dapat memainkannya.

Dari data yang sudah didapat dari penulis, industri bidang game sedang cukup berkembang, penulis ingin membantu mengembangkan dengan menambah mobile game terutama di daerah lokal dan dalam bentuk 3D yang sederhana namun cukup menarik.

Masih banyak juga pengguna smartphone yang masih belum bisa memainkan game 3D dengan nyaman, ada yang terganggu karena keterbatasan pada hardware smartphone yang kurang memadai.

Kenapa Kang Surat? Saat sedang covid ini berlangsung dan mulai banyak yang bekerja dirumah dan tidak pergi keluar rumah, ada banyak juga yang kerja diluar rumah, para pekerja civil service, salah satunya adalah tukang pengirim barang dan surat, tanpa mereka saat covid ini, akan susah bagi kita semua untuk tetap bertahan dirumah. Dengan ini nantinya juga Kang Surat dapat bekerja sama dengan pelaku bisnis pengantaran surat atau barang, guna untuk mempromosikan jasa yang telah dilakukan oleh mereka. Kerja sama ini bisa dalam bentuk kostumisasi karakter Kang Surat atau yang biasa dikenal oleh gamer, dalam bentuk Skin Character. Kang Surat adalah seorang pemuda yang sudah berumur 26 tahun Kang Surat sudah bekerja menjadi tukang pos surat dari 4 tahun yang lalu. Kang Surat adalah karakter yang ceria, ambisius, namun memiliki ketakutan akan anjing.

Dari hasil penelitian yang telah peneliti dapatkan mengenai perkembangan dan trend game lokal Indonesia adanya kemajuan dan mulai banyaknya produk game yang dihasilkan atau dibuat oleh para developer lokal dari Indonesia, bukan hanya itu, sekarang indie developer di Indonesia juga sudah mulai dipandang oleh investor dari mancanegara atau luar negeri maupun dari dalam negeri. Game sendiri ini adalah produk virtual atau fisik yang biasanya ini digunakan untuk melepaskan stress dan mengisi waktu untuk bersantai bersama keluarga dan teman. Contoh perusahaan lokal game yang sudah dikenal dan cukup sukses seperti Toge Production, SemiSoft, Pikselnesia, dan lain – lain.

Dengan berkembangnya ketertarikan atas game di sekitar Indonesia, penulis tertarik juga untuk membuat game yang cukup berbeda dari game lokal Indonesia pada umumnya, awalnya penulis melihat dan meneliti dari berbagai referensi, melihat dari referensi yang sudah ada, penulis menetapkan untuk membuat game karakter tersebut, game yang penulis buat adalah game endless runner game untuk game mobile, penulis membuat game ini dengan model 3D dengan style 3D Low Poly, kenapa begitu, menurut riset Low Poly tidak memakan banyak memory saat sedang merender mempermudah hardware atau gadget untuk bekerja dalam mengoptimalisasikan tampilan dan performa, dengan ini, hampir semua orang yang menggunakan gadget dengan spek yang rendah pun dapat memainkan game “Kang Surat” dengan nyaman dengan performa yang cukup optimal cukup baik.

Penulis,

Jonathan.