Animasi  dokumenter ini menceritakan tentang budaya di Malang, bernama Arema.  Mereka dikenal dengan nama tim sepak bola, Arema FC.  Namanya Kalau disingkat, bisa menjadi Arek Malang atau orang Malang, inspirasi lainya juga dari panggilan salah satu jendral Singasari, Patih Kebo Arema. Subkultur Arema juga punya suporter team bola Malang, yang disebut Aremania. Mereka juga ikonik dengan warna biru, dari pakaian, hingga banner. Tapi mereka memiliki kontroversi kekerasan dengan suporter lain seperti Bonek, pendukung Persibaya Surabaya. konflik sekarang sudah sedikit mengurang. Arema muncul sebagai organisasi supporter pemain bola di Malang, sebelum akhirnya dibubarkan. Tetapi lahir kembali sebagai budaya kecil atau subkultur di Malang, yang juga bermain dan mengsupport tim bola Malang terutama Arema FC.

Aset kelompok, atribut, dan objek

Pembuatan animasi ini dalam bentuk 2D, yang visualnya dibuat secara digital drawing. Pergerakan karakter objek, dan beberapa efek dalam bentuk sprite. penulis akan mengambil dari Armchair Historian, dan refrensi animasi akan diambil dari Street Fighter Alpha. Dan beberapa refrensi visual diambil dari  Extra Credit sebagai alternative Armchair Historian.  Software yang akan digunakan untuk visual adalah Clip Studio Paint, Audio termasuk, musik, sound effect dan voice over akan digabung di Filmora X, yang juga beguna untuk render akhir animasi. Pengisi suara akan diisi oleh profesional yang sudah dibidangnya, di studio Bozz Chanel.

Aset animasi sprite

Screenshot berikut adalah hasil produksi. Empat Part ini adalah bagian yang menurut saya bagian terbaik in film dokumenter ini.

Sekian dari proses behind the scene pembuatan animasi dokumenter Salam Satu Jiwa. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Penulis

Dimas Nur Cokronegoro