The Making of “Jolly Belle”

Jolly Belle adalah karakter game edukasi tentang kecantikan. Menceritakan tentang seorang gadis yang selalu menggunakan makeup setiap ke luar rumah, karena merasa wajahnya jelek tanpa makeup. Sampai ketika kekasih gadis itu mengetahui wajah aslinya, ia diputuskan begitu saja. Ia merasa sangat tertekan, dan bertekad untuk memperbaiki wajahnya. Setelah perawatannya berhasil, ia ingin menginspirasi orang lain terkait kecantikan, dengan membuat game edukasi.

Keunggulan dari game ini adalah terdapat pembelajaran tentang cara merawat kulit wajah, serta informasi tentang produk yang tepat, tergantung jenis permasalahan kulitnya. Lalu desain karakternya menggunakan ciri khas perempuan Indonesia. Selain itu, tujuan utama dari pemain menyelesaikan misi dari setiap levelnya adalah untuk mendapatkan koin. Yang dimana koin-koin ini dikumpulkan untuk membeli items berbayar yang terdapat di dalam game, atau dapat juga ditukarkan dengan voucher diskon atau voucher cashback, yang dapat dipergunakan untuk pembelanjaan produk skincare, haircare, maupun makeup.

Nama Jolly Belle berasal dari Kata Jolly yang berarti riang. Dan Belle yang berarti gadis yang cantik. Maka Jolly Belle berarti gadis cantik yang periang. Saya menggunakan nama itu dengan harapan dapat memotivasi perempuan lain untuk selalu merasa percaya diri dan memiliki perasaan senang saat bermain game-nya.

Style untuk visual karakter menggunakan desain 2D, dengan mengangkat ciri khas perempuan Indonesia, yaitu memiliki kulit natural, berambut hitam kecoklatan panjang, kurus langsing, mata besar dan bibir tebal.

 

Desain karakter utama hanya satu orang, dengan looks yang berbeda, guna menunjukkan waktu dan kondisi yang berbeda. Dengan environment sederhana, yakni tempat yang paling banyak Jolly Belle gunakan dalam proses merawat diri. Yaitu di kamarnya, maka environment-nya adalah kamar tidur. Ditambah dengan background polos saat proses pengaplikasian skincare, agar penonton bisa lebih fokus ke wajah karakternya. Dan karena di sini yang lebih ditonjolkan adalah visualisasi karakternya. Sehingga tidak dibutuhkan environmnet background yang rumit. Lalu untuk adegan di luar rumah, environment background-nya adalah taman.

Demikian sekilas proses pembuatan karakter game yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat atau menginspirasi Anda. Terima kasih ^^