Perjalanan si Daun adalah sebuah animasi pendek yang bercerita tentang sebatang pohon yang berada di pinggir jalan tumbuh sehat dan menjulang tinggi, pohon itu setiap hari selalu mengeluarkan oksigen dan mengurangi polusi di jalan raya, hingga suatu hari daunnya berguguran dan terbawa angin, dan si daun itupun lepas dari tangkainya dan ia pun selalu terhempas kesana kemari, si daun ini selalu bertemu orang-orang yang tidak dikenalnya, ia sendiri melihat banyak orang yang berinteraksi. Animasi ini berdurasi 3 menit 12 detik termasuk credit title. Target audience utama yaitu untuk usia 14-25 baik dari remaja sampai orang dewasa laki-laki maupun perempuan.

 

Dalam pembuatan karakter, saya menggunakan iconic style. Karakter utama dalam animasi ini adalah si daun, ia sendiri tidak mempunyai sifat, karena ia hanya sebuah daun.

 

Lalu untuk refrensi yang pertama saya menggunakan style dari serial animasi “Gravity Falls”. Refrensi yang kedua saya menggunakan style serial animasi dari Disney Television Animation berjudul Amphibia”. Saya menggabungkan 2 (dua) style ini karena tidak banyak detail dan bentuknya sederhana, saya mengambil bentuk dari wajah, mata dan bentuk badan saja.

 

Desain dan stylenya karakter si daun dimiripkan dengan yang aslinya, untuk penambahan mata dan mulut itu hanya ide penulis saja. Tetapi penulis melihat beberapa refrensi dari the mighty ones, dan juga illustrasi daun lainnya.

 

Berikut adalah beberapa potongan scene dalam animasi pendek “Perjalanan si Daun”:

 

 

 

Demikian sekilas tentang pembuatan animasi pendek berjudul “Perjalanan si Daun” yang sudah saya buat. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Penulis,

Maria