Warkop Pancong Balap merupakan Intelektual Properti dalam bentuk game memasak yang memiliki konten local dengan karakter yang bernama Mang Udin, yaitu seorang penjual kue pancong di Warkop Pancong Balap bersama dengan kakeknya yaitu Aki Koko. Didalam game tersebut, pemain akan bertarung dengan waktu untuk membuat makanan tradisonal khas Bekasi kue pancong sesuai dengan permintaan para pembeli. Game ini menceritakan tentang petualangan Mang Udin yang ingin mengembangkan usaha kakeknya Aki Koko yang berjualan kue pancong. Mang Udin kemudian membuat Warkop dan berjualan kue pancong dengan berbagai macam varian topping kemudian mengembangkan bisnis tersebut hingga menjadi lebih besar.

Proses pembuatan desain diawali dengan membuat pipeline agar rencana produksi tersebut tersusun secara rapih dan beraturan kemudian menentukan workflow yang tersusun. Pertama diawali dengan membuat cerita. Setelah itu, data-data dari hasil riset dipilah untuk menunjang proses pembuatan desain dari karakter dan environment IP game. Data-data yang telah terpilih kemudian di aplikasikan dalam pembuatan desain karakter dan environment game 3D. Selanjutnya membuat storyboard untuk trailer dan membuat animasi untuk karakter sesuai dengan stroryboard yang telah dibuat. Untuk tahap akhir menyatukan semua hasil render animasi dan menambahkan visual effect yang diperlukan kemudian render semua scene.

Dalam Intelektual Properti ini saya ingin menonjolkan karakter Mang Udin dan Aki Koko dengan menambahkan unsur-unsur tradisional seperti pakaian adat yang dikenakan oleh Aki Koko yang berasal dari adat Sunda yaitu baju pangsi dan Mang Udin yang mengenakan ikat di kepalanya yang merupakan salah satu ciri khas dari adat Sunda juga. Selain itu, saya juga ingin memperkenalkan salah satu makanan tradisional yang berasal Bekasi yaitu Kue Pancong.

Demikian sekilas proses pembutan dari Intelektual Properti untuk game Warkop Pancong Balap yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat atau menginspirasi dan juga dapat memajukan konten lokal Indonesia dalam bentuk mobile game. Dikemas dengan menarik, makanan khas Indonesia kue pancong dapat mulai dikenal dan dihargai banyak orang dan juga membuka peluang untuk konten lokal yang lain.