“Ayah” adalah sebuah IP karakter dengan trailer yang berdurasi sekitar 1 menit 30 detik yang menceritakan mengenai karakter ayah dan anak yang ayahnya merupakan superhero. Namun karena ia adalah superhero ia selalu meninggalkan anaknya sendiri dirumah yang mmebuat anaknya sedih dan juga merasa tidak disayang oleh ayahnya. Oleh sebab itu, ayahnya terus memberikan rasa kasih sayang kepada anaknya walaupun pemberiannya berbeda dari yang lainnya.
Alasan penulis mendapatkan ide mengenai cerita dari ayah dan anak ini karena penulis terinspirasi dengan ayah dari penulis yang selalu memberikan kasih sayang dan juga dapat menghargai anak-anaknya Oleh sebab itu, penulis membuat karakter IP tentang bagaimana seorang ayah memberikan kasih sayang kepada anak perempuannya.
Penulis membuat trailer ini dengan membuat adanya panel-panel seperti komik. Dalam trailernya melihat beberapa referensi trailer seperti trailer webtoon “True Beauty” yang diambil referensi seperti gerakannya da juga penggunaan warna yang simple. Lalu juga dalam trailernya ini berisi mengenai bagaimana seorang ayah yang walaupun sibuk dengan superheronya namun masih selalu membuat anak perempuannya bahagia dengan caranya sendiri dan berbeda dengan yang lainnya.

Terdapat dua karakter yang berperan didalam IP karakter “Ayah” ini yaitu sang ayah yang bernama Abyaz dan juga anak perempuannya yang bernama Rachel. Digambarkan bahwa sang ayah adalah superhero dikotanya dan ia juga memiliki seorang anak perempuan yang selalu menunggunya di rumah. Dibawah ini adalah karakter dari Abyaz dan juga Rachel. Ada baju Abyaz versi keseharian dan juga baju superheronya lalu ada baju Rachel versi kesehariannya dan juga baju “jika Rachel adalah superhero”

Environment yang terdapat di trailer “Ayah” ini menggambarkan sebuah kota dan juga rumah yang mengambil di salah satu ruangan yaitu ruang keluarga. Namun karena kebanyakan di ruang keluarga, jadi scene tempat kota tidak terlalu banyak. Secara model, penggambarannya dibuat simple dan juga dengan beberapa gambaran yang simple didalam backgroundnya.

Berikut ini adalah 2 desain poster dari IP karakter “Ayah” dan juga ada desain dari merchandise dan juga sticker dari IP karakter “Ayah”

Berikut ini adalah snapshot dari IP karakter “Ayah”.

Perancangan dari IP karakter ini tentunya membutuhkan banyak usaha, waktu dan juga tenaga dari mencari ide, membuat karakternya, mendesain karakternya, dan juga proses dalam pembuatan trailernya ini.
Tujuan perancangan ini agar dapat menyelesaikan tugas akhir ini dan juga diharapkan dengan dibuatnya IP karakter ini dapat membangkitkan rasa kekeluargaan dan juga bagaimana rasa kasih sayang orang tua khususnya seorang ayah, dan juga agar dapat menghibur beberapa kalangan, lalu mengingatkan bagaimana rasanya saat masih kecil dimanja oleh orang tua dan juga mungkin dalam pandangan orang tua dapat menjadi cara bagaimana memberikan rasa kasih sayang kepada anaknya. Demikian penjelasan sekilas proses pembuatan IP karakter “Ayah”. Terima Kasih.

Penulis,

Savia Ardelia