Tips Investasi Saham Untuk Mahasiswa adalah sebuah film animasi edukasi yang menceritakan perjalanan seorang pengusaha sukses bernama Andi yang mencapai kebebasan secara finansial dan ingin berbagi pengalaman bagaimana cara berinvestasi saham yang tepat untuk mahasiswa.

Awal dari konsep dan ide animasi edukasi Tips Investasi Saham Untuk Mahasiswa, didasari dengan pengalaman pribadi yang penulis alami saat berinvestasi saham dan menonton suatu webinar yang berjudul “How to Invest Like Han Ji Pyeong” yang dibawakan oleh Ellen May tentang strategi investasi saham yang bernama cigar butt investing. Karena Investasi adalah salah satu cara untuk mencapai kebebasan secara finansial, maka penulis terdorong untuk membuat animasi edukasi yang mengangkat tema ini dikarenakan masih banyak masih banyaknya masyarakat yang berpikir bahwa investasi saham adalah sesuatu yang negatif dan membutuhkan modal besar.
Untuk konsep film animasi edukasi yang digunakan oleh penulis, selain ingin memberikan ketertarikan penonton, penulis juga berharap dapat menyampaikan informasi yang mudah dimengerti dan dapat menghibur. Berdasarkan hasil riset untuk mendukung hal tersebut penulis perlu meriset lebih lanjut mengenai strategi yang dinamakan cigar butt investing ini agar dapat menjadi pendukung dalam perancangan komunikasi visual video edukasi ini. Kemudian ditahap selanjutnya, penulis membuat karakter, aset pendukung dan memilih warna yang tepat untuk animasi edukasi ini.
Pada proses perancangan karakter, penulis berawal dari mencari referensi. membuat sketsa 3D, dan kemudian dikembangkan lebih lanjut pada aplikasi 2D. Dalam film animasi edukasi ini, karakter yang digunakan adalah seorang mahasiswa yang bernama Andi dengan rambut panjangnya dan juga atribut seorang mahasiswa saat Andi berada di Universitas. Pakaian yang di gunakan karakter utama merupakan kaus polos, kemudian bawahannya memakai celana panjang dan sepatu biru.
Untuk warna yang digunakan karakter, penulis menggunakan warna dar gradasi biru arti warna biru menurut perspektif psikologi warna, memiliki arti dapat diandalkan dan juga bertanggung jawab. Penggunaan warna biru adalah warna yang tepat untuk meningkatkan rasa kepercayaan, dalam hal ini warna biru tidak hanya untuk membangun kepercayaan, tetapi juga dapat diandalkan dan memiliki ketulusan

Pada beberapa adegan film animasi ini terdapat beberapa environment atau latar tempat yang menjadi lokasi jalan cerita film, yaitu Taman, Universitas, ruang belajar, dan yang lainnya. Warna yang dipakai disesuaikan dengan enviromen, warna hangat akan dipakai pada lingkungan outdoor, dan warna dingin akan dipakai pada lingkungan indoor

Melalui karya animasi edukasi yang berjudul “Tips Investasi Saham Untuk Mahasiswa” ini, penulis berharap masyarakat dapat melakukan investasi saham tanpa memiliki pikiran bahwa berinvestasi saham dibutuhkan modal yang besar dan juga masyarakat dapat melakukan investasi dengan strategi bukan dengan spekulasi.