“Tahu Racing?” merupakan film animasi pendek dengan tema car culture sebagai inspirasi cerita. Alasan penulis memilih tema ini dikarenakan tidak banyak film animasi dari Indonesia yang mempresentasikan budaya car culture yang di aplikasikan melalui penjual tahu bulat yang melakukan balapan dengan genre comedy and action. Berdasarkan dari tema dan genre tersebut, Penulis melakukan analisa dan eksplorasi terhadap style gerak cartoony dengan splined key bertemakan car culture. Dengan penerapan style gerak pada karakter maupun mobil diharapkan agar masyarakat Indonesia yang menonton dapat menikmati konten tentang car culture serta dapat terhibur dan terinspirasi dari film animasi pendek yang telah dibuat.
Pada proses pembuatan gerakan pada film animasi pendek “Tahu Racing?”, Penulis memulainya dengan pembuatan animatik yang digunakan sebagai acuan dan referensi dalam menganimasikan karakter dalam film. Penulis mulai melakukan breakdown gerakan di dalam scene dan juga membuat perkiraan estimasi waktu pada setiap scene serta memberikan perkiraan sound effect dan visual effect yang akan digunakan pada film agar mendapatkan mood yang diinginkan dalam film.

Setelah itu pada gerakan pada karakter dan mobil, Penulis membuat ringging dan skinning pada setiap karakter agar dapat digerakkan pada saat membuat animasi. Dalam film animasi pendek ini tidak menggunakan dialog dalam pembuatannya sehingga dibutuhkan gerakan pada karakter yang ekspresif sehingga dapat menyampaikan adegan cerita dengan jelas dan tepat. Pada proses pembuatan animasi gerakan, Penulis mengambil beberapa referensi dari gerakan yang penulis buat sendiri dan juga mengambil beberapa referensi dari video animasi lain sebagai referensi pembuatan gerakan pada animasi tersebut. Penerapan referensi studi gerak pada karakter, mobil dan kamera juga diperlukan agar dapat menghidupkan karakteristik pada adegan film.

Demikian mengenai proses tahapan-tahapan pembuatan gerakan dalam animasi pendek “Tahu Racing?”. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi!

Penulis.
Stevin