THE MAKING OF START FROM YOU

Start from you adalah sebuah film animasi pendek 3 dimensi berdurasi 4 menit yang menceritakan tentang petualangan seorang anak jorok yang suka menyepelekan sampah harus menghadapi kejadian buruk didalam mimpinya. Film ini dibuat agar kita dapat lebih peduli dalam menjaga lingkungan disekitar kita.
Pada proses pembuatan Start from you ini, saya memulainya dengan konsep cerita dan juga membuat desain karakter yang cocok dengan karakteristik dari masing-masing tokoh dalam film ini. Warna yang dipakai dalam film ini juga dipilih agar sesuai dan mendukung arti dibaliknya. saya juga memilih warna yang lebih colorful karena lebih disukai anak-anak. Dalam membuat desain karakter saya membuat desain 2D terlebih dahulu, berikut adalah 2D dari ketiga karakter dalam film saya :

Dan setelah membuat sketsa karakter 2D selanjutnya saya baru membuat 3D, berikut hasilnya:

Karakter Aksa adalah anak kecil nakal dan ceria. Penulis menggambil nama Aksa karna nama yang banyak digunakan di Indonesia dan artinya adalah paling jauh dan menjadi harapan agar anak dapat berpetualang jauh untuk mendapatkan banyak pengalaman yang berharga dan berguna dalam hidupnya, seperti pesan yang penulis ingin sampaikan agar menjadi animasi film yang berguna.
Secara visual Aksa diberikan bentuk dasar lingkaran karena sebagai anak-anak, ia harus terlihat ceria, lucu, dan friendly. Secara physiognomy Wajah Aksa dibuat lebih lebar karena Aksa memiliki sifat yang percaya diri dan mata dekat dengan alis karena memiliki sifat esay going dan Aksa mempunyai mata dan pupil mata yang cenderung besar karena semakin besar pupil dan makin sedikit sklera mata menunjukan semakin bahagia dan ceria seperti sifatnya. Aksa menggunakan baju sekolah Indonesia karena baju Indonesia termasuk baju yang memiliki khas tersendiri baju Indonesia berawarna seperti warna bendera Indonesia yang menunjukan tempat Aksa dan karena Aksa adalah anak yang nakal topi Aksa ditaruh menghadap ke belakang. Aksa juga menggunakan tas berwarna kuning karena warna kuning merupakan warna yang memiiki arti bahagia.