The Making of Short Animation Film “Screens”

Screens adalah film animasi pendek yang menceritakan kisah yang berlatar di masa depan, bertahun-tahun dari sekarang, terdapat seorang anak kesepian bernama Theo di mana temannya adalah robot bernama EGGBOT. Suatu hari karena alasan yang tidak diketahui, EGGBOT mengalami sebuah error dan tidak dapat dihidupkan. Bertekad untuk memperbaiki temannya, Theo pergi mencari anggota keluarganya dengan tujuan mencari bantuan. Namun, hidup di masa depan di mana teknologi telah menguasai kehidupan sehari-hari setiap orang, keluarga Theo menjadi pecandu berat teknologi. Kakak perempuannya adalah seorang pecandu game, ibunya adalah seorang influencer media sosial yang populer, dan ayahnya yang gila kerja. Apakah Theo akan berhasil menghidupkan kembali EGGBOT?

Tahap awal dari pembuatan animasi Screens ini adalah pembuatan konsep. Tema utama dari cerita animasi pendek saya adalah rusaknya hubungan dalam keluarga karena pengaruh kecanduan teknologi. Oleh karena itu saya membuat karakter yang memiliki kecanduan teknologi yang biasa dihadapi oleh masyarakat sekarang. Tokoh ayah yang merupakan workaholic berpenampilah rapi dan nyaman tetapi memiliki kantung mata tebal, tokoh ibu yang kecanduan dengan media sosial mengenakan pakaian yang trendy, kakak perempuan gamer yang berpakaian berantakan, dan anak terlantar dengan pakaian yang kebesaran dan rambut yang tidak dipotong. Kemudian karena cerita ini bertempat di masa depan, saya mengobservasi berbagai referensi Cyberpunk.

Selesai pembuatan konsep, saya kemudian mulai membuat animasi. Style animasi yang saya pilih adalah animasi 2D dengan teknik frame by frame. Dengan itu, proses pembuatannya adalah seperti gambar yang ditunjukkan diatas, dimulai dari pembuatan sketsa animasi, kemudian sketsa dirapikan dan diberi outline, outline animasi yang sudah selesai diberi warna, kemudian yang terakhir adalah penggabungan semua aset yang berupa animasi, background, property dan diberi warna yang sesuai dengan situasi adegannya. File animasi yang sudah selesai kemudian digabungkan dalam program, dan diberi sound effects serta finishing touchnya.

Diatas merupakan screenshot beberapa adegan dalam film Screens yang saya buat menggunakan teknik animasi 2D frame by frame.
Penulis.
Olivia Alethea