Film Insecure merupakan sebuah film animasi pendek yang mengangkat gangguan mental yaitu Insecurity. Film ini bertujuan untuk menunjukan masyarakat mengenai Insecurity dari persepektif orang yang memilikinya.
Insecure menceritakan seorang remaja yang bernama Claire, Claire adalah seorang mahasiswi di universitas ternama. Namun ia merasa dirinya hanya memiliki kemampuan yang terbatas, tidak layak untuk berkuliah di kampus tersebut dan merasa bahwa orang lain banyak yang lebih layak dibandingkan dirinya. Claire terus memikirkannya, hingga ia terjebak di alam isi pikirannya saat sedang insecure. Di dalam alam tersebut Claire harus melawan semua ketidakpercayaannya dan berusaha untuk keluar. Melawan hal yang paling ditakuti oleh Claire, Insecurity.

Insecure merupakan karya Tugas Akhir oleh Revata yang menceritakan tentang seseorang yang memiliki Insecurity. Artikel ini membahas mengenai proses perancangan karakter berseta environment dan juga Final Look-nya.
Tahap pertama yang penulis lakukan adalah melakukan brainstorming dan juga riset, concept design, storyboard, beatboard, dan diakhiri dengan animating dan layouting. Dalam film Ínsecure hanya terdapat 1 karakter yaitu Claire, karakter utama.

Claire merupakan seorang mahasiswi DKV yang sangat ramah, mudah bergaul, pintar dan kreatif. Claire memiliki insecurity yang disebabkan oleh trauma masa kecil dan juga lingkungkan pertemenanan disekitarnya. Seseorang yang memiliki insecurity tidak memiliki perbedaan ciri – ciri dengan orang lain atau orang pada umumnya, sehingga studi visual lebih luas, dan penulis dapat membangun karakter sesuai yang diinginkan.
Insecure mengambil setting gambaran dari referensi Alam sutera, Tangerang Selatan. Penulis merasa lokasi ini memiliki side walk yang ramah untuk pejalan kaki dan juga setting untuk seorang pelajar karena kawasan kampus yang cukup banyak mahasiswa/i nya. Penulis juga menggunakan enviroment lainnya seperti toilet, lorong kelas, dan kamar. Penulis melakukan perancangan segala aset visual di dalam animasi pendek berdasarkan kebutuhan yang sesuai. Aset environment yang tidak nyata (gambaran perasaan yang dirasakan karakter utama) dirancang sesuai dengan deskripsi perasaan dari karakter tersebut dan juga script. Adapun hasil environment dan hasil final look yang didapatkan adalah sebagai berikut: