AWAKED merupakan karya animasi 3D dengan tema Procrastination atau penundaan. Nora seorang mahasiswi yang ketiduran saat sedang istirahat harus berusaha bangun dari mimpinya untuk menyelesaikan tugasnya yang dia tinggal. Melalui film ini, saya berharap penonton dapat belajar dari kesalahan Nora yang menunda pekerjaannya hingga ia keteteran menghadapi tugasnya. Hal yang ingin dikomunikasikan adalah dampak negatif dari Procrastinating dan sistem kebut semalam dalam mengerjakan pekerjaan.

Berikut merupakan desain sketch karakter Nora. Penulis menggunakan free-rig yang kemudian dimodifikasi asetnya sesuai dengan desain sketch awal yang penulis buat. Desain karakter Nora terinspirasi dari pakaian yang dipakai oleh mahasiswa saat mereka beristirahat atau sedang santai dikamar mereka.

Gambar diatas merupakan proses desain interior dalam pembuatan film ini. Dimulai dengan membuat sketsa ruang kamar menggunakan Google Sketch, kemudian membuat model dinding, lantai dan atap secara terpisah, kemudian semuanya disusun satu persatu menjadi sebuah ruangan. Referensi yang digunakan didapat dari observasi kamar mahasiswa dan kamar pribadi.

Filmmaker dan merupakan hasil final yang siap digabung menjadi film. Penggunaan Source Filmmaker ini dikarenakan cepatnya proses render didalam software tersebut. Pengerjaan Lighting dilakukan secara realtime. Semua scene dirender menjadi image sequence yang kemudian di compose menggunakan software Adobe After Effect.
Sound yang digunakan dalam film ini dibuat secara live dimana penulis menggunakan barang-barang disekelilingnya kemudian direkan sesuai dengan adegan yang sedang diputar. Beberapa sound juga diambil dari internet.
Kesimpulan
Procrastinating tidak pernah lepas dari kehidupan kita terutama pada mahasiswa dan pelajar, fenomena ini biasanya selalu berkaitan dengan kegiatan sistem kebut semalam dimana dampaknya dapat merusak tubuh dan hasil dari kerjaan itu sendiri. Namun orang-orang tetap saja melakukan sistem kebut semalam sehingga penulis mengangkat sebuah film animasi pendek mengenai hal tersebut.