Roy & Rex adalah animasi pendek 3D yang menceritakan tentang seorang laki-laki yang bernama Roy yang sedang merantau ke kota untuk bekerja dan Roy mendapatkan pekerjaan diperusahaan besar. Pada suatu ketika perusahaan tempat Roy bekerja mengalami masalah ekonomi sehingga membuat perusahaan tersebut harus melakukan PHK kebeberapa karyawannya dan Roy masuk dalam list karyawan yang akan di PHK. Akibat PHK tersebut membuat kehidupan Roy menjadi depresi karena susah untuk mendapatkan pekerjaan lagi. Sampai pada suatu saat Roy bertemu dengan seekor anjing golden bernama Rex di sebuah gedung kosong dekat dengan minimarket. Setelah Roy mencoba memberikan beberapa makanan kepada Rex, kemudian Rex mengikuti Roy sampai kerumahnya. Roy menyadari Rex mengikutinya saat sampai didepan rumah akibat Rex menggonggong, karena merasa kasihan akhirnya Roy ingin merawat Rex dirumahnya. Setelah dari itu Roy dan Rex menjalani kehidupan bersama, sehingga membuat kehidupan Roy semakin lama mengalami perubahan yang baik karena kehadiran Rex didalam hidupnya.

Pada proses pembuatan desain karakter dari animasi Roy & Rex, dimulai dengan membuat desain alternatif dari kedua karakter dengan bentuk yang berbeda-beda berdasarkan referensi yang diambil. Kemudian setelah melakukan alternatif desain dan dari semua alternatif tersebut akan dipilih satu untuk menjadi konsep desain akhir karakter. Roy adalah seorang yang sedang merantau ke kota untuk bekerja. Secara visual, bentuk dasar dari karakter Roy adalah lingkaran untuk menggambarkan sifatnya yang ramah dan digabung dengan segitiga agar menggambarkan sifatnya yang emosional. Karena latar belakang Roy adalah seorang pekerja kantoran, maka untuk desain outfit yang digunakan Roy adalah kemeja, jaket coklat, celana jeans dan sepatu. Warna coklat pada jaketnya untuk menggambarkan sifatnya yang ramah. Sedangkan Rex adalah seekor anjing berjenis golden yang pintar dan friendly tetapi karena majikannya memiliki masalah ekonomi dan tidak ingin merawatnya lagi sehingga ia ditelantarkan oleh majikannya. secara visual, bentuk dasar dari karakter Rex adalah lingkaran untuk menggambarkan sifatnya yang friendly dan warna coklat untuk menggambarkan sifatnya yang friendly. Setelah mendesain visual dari kedua karakter tersebut, maka penulis membuat 3d model, rigging, dan render sebagai desain akhir dari kedua karakter. Berikut ini hasil akhir karakter Roy dan Rex dalam bentuk 3D:

Setelah melakukan proses desain karakter, penulis membuat desain environment yang akan digunakan didalam animasi pendek Roy & Rex ini. Ada tiga environment yang menjadi poin penting pada animasi ini yaitu environment dalam rumah Roy, environment depan rumah Roy, dan environment minimarket. Penulis membuat desain environment ini mengambil dari referensi-referensi yang ada digoogle maps. Berikut hasil dari desain environment:

Setelah proses desain sudah selesai semua baik dari karakter dan environment, penulis melanjutkan proses animasinya menggunakan aplikasi 3D Autodesk Maya yang kemudian di Render dengan menggunakan engine Vray di maya. Pada proses terakhir, penulis melakukan proses compositing di aplikasi Aftereffect untuk dijadikan satu semua dalam satu file video. Berikut hasil akhir dari animasi pendek Roy & Rex.