Animasi Menunda ini adalah sebuah animasi penedek dengan style 2D dengan durasi film selama 5 menit yang menceritakan tentang Kisah seorang remaja yang suka menunda pekerjaan berubah menjadi tekun. Film ini dibuat agar penonton mendapatkan hikmah dari animasi pendek ini dan dapat sadar untuk meminimalisir akan tindakan penundaan atau prokrastinasi.
Pada proses pembuatan animasi pendek menunda ini, saya memulai dari brainstorming pembuatan ide topic yang akan digunakan. Setelah saya mendapatkan topic menunda ini, saya melanjutkannya pada konsep pembuatan cerita dan juga desain karakter yang akan saya gunakan dalam memperankan karakter tunggal dalam cerita animasi pendek ini. Berikut ada proses pembuatan karakter dalam cerita saya dengan pembuatan t-pose, gesture, dan ekspresi wajah:

RIKO
Karakter Riko adalah seorang remaja yang berada di kisaran usia 20 tahun yang memiliki sifat pemalas. Secara visual Riko dibuat untuk terlihat seperti orang yang sangat santai dari segi busana yang digunakan dan sifat yang ia miliki yang suka menunda-nunda pekerjaan Riko menggunakan pakaian santai seperti kaos oblong dan celana pendek dikarenakan Riko yang didalam cerita nanti hanya akan selalu di ruangan indoor, yaitu kamar kost dan kamar mandi. Didalam cerita ini juga Riko merupakan orang yang mudah terpengaruh dikarenakan keinginan ia untuk melakukan hal lain lebih besar dibandingkan tanggung jawabnya yang menyebabkan Riko akhirnya melakukan tindakan menunda atau prokrastinasi.

Dalam tahap selanjutnya saya juga membuat environment yang akan mendukung jalan cerita dari animasi pendek ini, berikut hasil environmentnya:

Setelah saya selesai membuat environementnya saya melanjutkan pembuatan animasi dari menggambar step per step dari scene 1 ke scene selanjutnya yang akan menghasilkan beberapa frame yang nantinya akan dikumpulkan menjadi satu dan menghasilkan sebuah animasi gambar bergerak. Berikut adalah hasil dari beberapa scene yang ada di film animasi pendek menunda: