Manda & Sarah merupakan Intellectual Property berfokus pada media web komik yang bertema body positivity dan bercerita tentang dua sahabat yang bernama Manda dan Sarah, keduanya tidak memiliki kepercayaan diri terhadap tubuh masing-masing dan menghadapi masalah body shaming yang selalu ada di sekitar mereka. Tujuan dari dari IP tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan self-acceptance, selain itu agar timbul rasa toleransi terhadap fisik orang lain.

Manda & Sarah adalah karya Tugas Akhir yang berkisah tentang Manda dan Sahabatnya, Sarah. Pada artikel ini, membahas tentang proses perancangan tokoh dan karakternya.
Pada proses pembuatan Manda dan Sarah, saya memulainya dengan research melalui voting, tujuan tersebut agar sesuai dengan target market. Secara keseluruhan saya membuat karakter dengan menggunakan style semi realistik dengan warna yang lembut agar terlihat menarik di mata remaja dan dewasa muda. Pada design si Manda, dalam bentuk dia lebih cenderung ke oval dan kotak, merupakan gabungan dari sikap dia, yaitu baik namun kaku. Setelah mendapatkan sketsa karakter yang sesuai maka selanjutnya adalah membuat karakter 2D, berikut hasilnya :

Dalam mempromosikan web komik ini, maka diperlukan membuat animasi trailer untuk memperkenalkan cerita, tokoh utama, serta karakter pendampingnya yang lain. Dalam warna lebih cenderung dominan pink dan ungu, ini dikarenakan pada umumnya perempuan suka warna pink dan ungu. Selain itu agar menarik di kalangan remaja juga dewasa muda, terutama perempuan.
Berikut beberapa scene dalam trailer Manda & Sarah :

Demikian sekilas proses pembuatan IP yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat atau menginspirasi Anda. Terima kasih.