Let’s Get To Know This Lion Dog adalah sebuah film animasi edukasi 2 dimensi dengan style metode penyampaian menggunakan motion graphic yang menceritakan seorang owner Shih Tzu bernama Beatrix, yang ingin sekali membagi pengalamannya dalam melakukan perawatan bulu anjing Shih Tzu agar selalu tampil sehat dan memukau.

Konsep dan ide yang penulis angkat dari film Let’s Get To Know This Lion Dog ini, didasari dengan pengalaman pribadi yang penulis alami dan kesukaan penulis terhadap anjing Shih Tzu karena bulunya yang indah, sejarahnya yang mengagumkan, serta tingkah lakunya yang menggemaskan dan mudah beradaptasi. Selain terinspirasi dari hal yang sudah disebutkan sebelumnya, yang mendorong penulis untuk membuat animasi edukasi yang mengangkat tema ini adalah masih kurangnya kesadaran setiap owner tentang pentingnya melakukan perawatan dasar di rumah untuk menjaga bulu Shih Tzu agar tetap bersih dan sehat.
Konsep film dari animasi edukasi yang dibuat oleh penulis ini, selain ingin memberikan informasi yang mudah dipahami dan diingat, penulis juga berharap dapat menghibur para audiens yang melihat. Berdasarkan hasil riset untuk mendukung hal tersebut penulis harus banyak menggali mengenai fakta-fakta dan informasi yang akurat mengenai anjing Shih Tzu. Kemudian ditahap selanjutnya, pembentukan karakter, aset pendukung dan pemilihan warna yang tepat sangatlah penting.

Untuk style karakter yang gunakan Shih Tzu, owner dan karakter aset pendukung adalah ikonik. Hal tersebut didasari dengan hasil riset yang penulis lakukan, dikarenakan sebagian owner Shih Tzu berasal dari kaum wanita yang pada umumnya lebih menyukai bentuk yang lucu dan menggemaskan. Sedangkan untuk penggambaran aset pendukung lainnya, penulis memberikan bentuk yang sederhana agar mudah dikenali dan mudah diingat.

Dalam pemilihan warna untuk bagian environment, penulis menggunakan warna-warna pastel yang beraneka ragam dan menarik. Untuk warna dari karakter anjing, penulis menggunakan skema warna monochrome dari warna asli Shih Tzu pada umumnya yang berwarna coklat. Kemudian untuk warna dari karakter Beatrix, penulis menggunakan warna biru dan cream yang bertujuan untuk menunjukan sifat Beatrix yang bertanggung jawab, lembut dan hangat. Sedangkan warna yang digunakan untuk aset-aset pendukung, penulis menggunakan tone warna cerah yang disesuai dengan referensi dari gambar asli.

Melalui karya animasi edukasi yang berjudul “Let’s Get To Know This Lion Dog” ini, penulis berharap bisa menampilkan informasi yang dikemas dalam bentuk animasi yang menarik, menghibur dan menginspirasi. Diharapkan pesan yang ingin disampaikan penulis mengenai cara melakukan perawatan bulu yang tepat untuk anjing jenis ras Shih Tzu secara mendasar, dapat tersampaikan dan mudah dipahami untuk setiap owner maupun masyarakat tentang pentingnya melakukan perawatan yang tepat untuk kelangsungan hidup hewan peliharaannya.