Film animasi pendek “Kado” menceritakan sebuah kisah Seorang remaja sma yang diberikan informasi salah oleh teman dekatnya pada saat dirinya mencoba ingin memikat hati wanita yang ia suka dengan memberikan hadiah pada saat hari ulang tahunnya.
Visual Style yang digunakan dalam film animasi pendek ini ialah dengan menggunakan style dari komik webtoon “No Homo.” Sedangkan untuk Motion Style yang digunakan ialah dengan menggunakan 12 prinsip animasi. Berikut tahap-tahap pembuatan film animasi pendek “Kado.”

Pre Production
Tahap Pembuatan Screenplay
Penulis membuat screenplay dengan dialog didalamnya sebagai basis untuk tahap voice recording dalam tahap Production

Tahap Storyboard

Tahap Animatics
Dari Storyboard sebelumnya, penulis membuat animatics dengan menggunakan Adobe After Effects sebagai dasar pembagian timing tiap cut dari setiap scene yang akan dianimasikan dalam tahap Production.
Production
Tahap Voice Recording
Dalam tahap ini, penulis merekam voice aktor untuk merekam dialog yang terdapat dalam screenplay yang dilakukan dalam studio recording yang ada di binus syahdan.
Tahap Animasi
Setelah itu penulis dalam tahap ini mencoba memasukkan segala aspek dan prinsip animasi untuk menghasilkan hasil yang menarik dengan menggunakan aplikasi Clip Studio Paint yang hasilnya menjadi image sequence yang selanjutnya di import ke dalam Adobe After Effects

Post-Production
Tahap Compositing
Dalam tahap ini penulis menggunakan aplikasi Adobe After Effects untuk melakukan komposisi seperti menambah Lighting & Shading, dan juga Color Grading.

Tahap Sound Mixing & Composing Music
Setelah tahap Compositing, hasil di render kedalam format AVI (uncompressed) lalu dipindahakan ke dalam aplikasi Sony Vegas Pro yang selanjutnya dilakukan tahap penambahan sfx. Untuk pembuatan Musik penulis menggunakan aplikasi FL Studio.