Basically project vtuber Igen ini dibuat untuk memperkenalkan karakter Igen dalam bentuk seorang vtuber (Virtual Youtuber), Seorang vtuber adalah seseorang yang membuat konten video dengan menggantikan penampilan nya dengan sebuah avatar/karakter yang merepresentasikan diri mereka (biasanya style anime). Jadi Igen ini ceritanya adalah seorang mahasiswa DKV yang senang travelling dan mencari-cari kuliner lokal yang ada disekitarnya. Igen juga ingin memperkenalkan makanan-makanan lokal yang ada kepada para penonton dalam negeri maupun luar negeri.

Zaman sekarang sudah banyak sekali negara-negara yang terkena dampak globalisasi, salah satu penyebabnya ialah karena jaringan internet. Kita zaman sekarang pastinya tidak bisa lepas dari internet, apa lagi sekarang ini dunia di gemparkan oleh pandemi COVID-19. Oleh sebab itu banyak orang yang menggunakan media internet untuk saling berkomunikasi serta juga bisa untuk mencari pendapatan (income). Salah satunya untuk mendapatkan income sekarang ini ialah menbuat konten di Internet, salah satu platform yang sering digunakan ialah Youtube dan Twitch.tv. Dengan membuat konten-konten yang menarik serta membuat konten yang si pembuat konten suka secara tidak sadar membuat konten-konten tersebut ternyata tidak hanya membuat sang konten kreator senang, tetapi juga dapat menghasilkan uiang lho. Tidak hanya itu, sekarang-sekarang ini banyak juga orang-orang yang banyak waktunya dihabiskan untuk menonton film-film di rumah mereka masing-masing. Salah satunya yang mereka senang tonton yaitu anime, judul-judul anime seperti Attack on Titan, Jujutsu Kaisen, One Piece, dsb nya. Sehingga bisa di simpulkan bahwa sekarang ini semakin banyak orang-orang yang menyukai anime. Tidak hanya itu beberapa tahun belakangan ini banyak sekali bermunculan konten kreator yang menggunakan avatar anime untuk menggantikan diri mereka, nah konten kreator ini bisa disebut dengan vtubers (virtual youtubers). Trend ini dimulai dari Jepang, dan sekarang bisa dibilang mendunia, serta juga sekarang banyak sekali vtuber-vtuber baru dari seluruh dunia. Agency serta company juga mulai banyak yang bermunculan di dunia vtubing ini, salah satu contohnya ialah Hololive dari Jepang, Nijisanji dari Jepang, serta ada juga Maha5 yang berasal dari Indonesia.

Igen didesign sebagai seorang anak kuliahan DKV dengan style yang mencolok, Igen memiliki warna yang dominan berwarna merah, agar dapat memikat perhatian serta merah juga dapat menggugah selera. Ia juga memakai pakaian yang casual serta stylish, karena Igen akan memakai pakaian-pakaian itu untuk travelling. Setelah membuat design Igen tentunya tidak selesai begitu saja. Untuk menyebutnya seorang vtuber kita perlu merigging karakter Igen terlebih dahulu. Untuk itu kita perlu menggunakan aplikasi yang bernama Live2D by Cubism, aplikasi ini di desain khusus untuk merigging dan memprogram karakter-karakter agar bisa dianimasikan. Sayangnya aplikasi ini tidak gratis dan harus membayar perbulannya. Setelah melakukan rigging, kita tinggal mengimportnya ke aplikasi vtuber untuk melakukan face tracking agar karakter kita dapat bergerak sesuai dengan pergerakan kita. Untuk aplikasinya banyak sekali opsinya, dan banyak juga yang gratis, projek Igen sendiri menggunakan aplikasi yang bernama prprlive yang dapat didownload dan dapat ditemukan di Steam Store secara gratis.