History of Battle of the Hastings adalah sebuah animasi pendek dokumenter yang berdurasi sekitar 3 menit yang menceritakan tentang perebutan tahta kerajaan Inggris yang mengakibatkan perubahan bahasa Inggris yang kita gunakan sekarang.
Dalam proses pembuatan animasi dokumenter ini, penulis melewati banyak tahapan dalam pembuatan asetnya, berikut merupakan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh penulis
Desain Judul
Penulis memilih judul “History of Battle of the Hastings” berdasarkan keseluruhan dari animasi pendek dokumenter ini yang menceritakan tentang sejarah dari perang Battle of Hastings.Penulis kemudian membuat konsep untuk desain judul dari animasi pendek dokumenter penulis.
Penulis kemudian mencoba beberapa typeface dan desain untuk judul yang cocok, penulis kemudian memilih salah satu yang paling cocok.

Penulis memilih desain yang menggunakan font serif untuk menggambarkan kesan medieval, seperti pada referensi penulis yakni Lord of the Rings yang juga menggunakan font serif.
Karakter
• Harold Godwinson
Harold Godwinson atau Harold II anak dari Godwine, Earl dari Wessex, merupakan raja Inggris terakhir dari Anglo-Saxon. Ia lahir pada tahun 1020. Ayah dari Harold Godwinson, Godwine merupakan orang penting di kerajaan Inggris, Godwine dan anaknya adalah orang kepercayaan Edward the Confessor, raja Inggris pada saat itu.
Edward the Confessor tidak memiliki keturunan, oleh karena itu pada saat Edward sedang sakit, Harold mengambil alih tahta kerajaan Inggris dikarenakan Ia memiliki posisi tertinggi saat itu.

Desain dari karakter Harold Godwinson dibuat berdasarkan penggambaran Harold dalam Bayeux Tapestry. Harold digambarkan menggunakan senjata berupa tombak dan menggunakan perisai berbentuk kite. Harold juga menggunakan baju zirah yang terbuat dari ring besi yang dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk sebuah baju pelindung.
• William the Conqueror
William the Bastard, atau William the Conqueror lahir pada tahun 1027 di Falaise. Ia merupakan anak haram dari Robert I, bangsawan tinggi Normandy keenam. Ayah William, Robert I meninggal saat William masih berumur 6 tahun sehingga William harus menjadi bangsawan di usianya yang masih belia.
Selama masa mudanya, William mengalami kesulitan menjalani hidupnya, William sering mendapat percobaan pembunuhan dan anarki selama masa pemerintahannya. Hal ini dikarenakan William bukan anak kandung dari ayahnya Ia merupakan anak haram

 

 

 

Desain dari karakter William the Bastard dibuat berdasarkan penggambaran William dalam Bayeux Tapestry, William digambarkan menggunakan senjata berupa tongkat pemukul yang terbuat dari kayu dan menggunakan baju zirah yang terbuat dari ring besi yang digabungkan satu sama lain sehingga membentuk baju pelindung.
Environment
• Senlac Hill
Penulis merancang desain environment untuk animasi pendek dokumenter ini berdasarkan tempat kejadian dari peristiwa Battle of Hastings yakni Senlac Hill, penulis mencoba membuat setiap desain dari environment semirip mungkin dengan tempat aslinya
Penulis merancang aset environment berdasarkan kebutuhan setiap scene. Scene ini dibuat untuk adegan dimana pasukan Harold dan William bertemu saat berperang. Penulis tidak mengambil mentah-mentah referensinya, melainkan penulis membuat environment Senlac Hill lebih tinggi untuk menggambarkan dimensi, sehingga penonton dapat merasakan apa yang terjadi di peperangan tersebut.