“EXPLODE” adalah karya film animasi pendek 2D yang saya buat untuk Tugas Akhir 2020/2021. Film ini menceritakan seseorang yang terus menerus digagalkan oleh semesta saat sedang melakukan aktivitas rock balancing. Saya merancang film ini dengan menggunakan teori-teori seperti sinematografi, cerita, audio, animasi, dan yang terpenting teori semiotika dan perangkat retorika agar film ini dapat mengkomunikasikan pesan saya dengan efektif dan juga indah.

Pertama-tama saya melakukan eksplorasi karakter. Sedari awal saya ingin karakter saya dapat berubah-rubah wujud di mana perubahan wujud ini merupakan penggunaan perangkat retorika hyperbole dan metaphor. Saya mengeksplorasi perubahan wujud karakter dari beberapa bentuk dasar. Kemudian saya menemukan bentuk di bawah ini yang saya rasa cocok diletakkan dalam dunia film saya.

Setelah menemukan bentuk karakter, saya merancang storyboard menggunakan teori-teori yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Ada beberapa asset yang saya butuhkan dalam film ini seperti perubahan-perubahan wujud karakter saat ia sedang marah, juga organ-organ karakter saat saya mengkomunikasikan proses eskalasi marah karakter. Saya melakukan eksplorasi dan kemudian menemukan bentuk-bentuk visual seperti di bawah ini.

Demikian sekilas tentang pembuatan film animasi pendek “EXPLODE”. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi teman-teman pembaca.
Penulis.
Mutiara Fakhrani