Animasi pendek ini bercerita tentang pertandingan tinju antara Dono melawan Anton yang mengangkat atau mengadaptasi berdasarkan sebuah adegan dalam Film Warkop DKI “Kesempatan Dalam Kesempitan”. Animasi ini berdurasi 3 menit, bergenre komedi slapstick dengan konsep eksplorasi gerak, dimana gerak animasilah yang menjadi fokus dalam animasi pendek ini.

Animasi ini menggunakan gaya animasi cartoony, dengan penerapan prinsip-prinsip animasi didalamnya dan penerapan teknit-teknik yang biasa digunakan dalam sebuah animasi kartun seperti smear dan multiple limbs. Animasi pendek ini menggunakan cel shading atau toon shader sebagai visual style-nya karena penulis ingin melakukan pendekatan terhadap animasi 2 dimensi. Background style pada animasi ini menggunakan limbo, bertujuan agar gerak animasi karakter dapat terlihat dengan jelas dan penonton bisa lebih fokus pada gerak animasi karakternya karena eksplorasi gerak animasilah yang menjadi fokus utamanya.

Animasi ini penulis buat dengan tujuan untuk menyelesaikan Tugas Akhir selama 4 tahun di Binus University. Disamping itu, harapan penulis agar animasi pendek ini dapat menjadi contoh dan referensi, bahkan pembelajaran bagi mahasiswa DKV animasi Binus yang akan datang. Meskipun animasi ini masih jauh dari kata sempurna, namun penulis berharap melalui animasi ini bisa menjadi loncatan besar untuk standart kualitas gerak animasi di Indonesia secara umumnya, dan animasi Binus secara khususnya.
Demikian sekilas proses pembuatan animasi pendek Dono VS Anton yang penulis buat. Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk anda. Terima kasih.