THE MAKING OF “CYBER HEROES”

Cyber Heroes adalah animasi pendek 3D berdurasi 5 menit dengan genre action-fantasy yang menceritakan seorang penjaga portal komentar dari komentar jahat untuk menghentikan terjadinya cyberbullying. Dibuatnya film animasi pendek ini sebagai keperluan tugas akhir individu yang diharapkan dapat memberikan pesan yang berarti kepada penontonnya. Pada artikel ini akan dibahas tentang proses pembuatan desain karakter dan environment dari film animasi pendek Cyber Heroes karya Lisa Tanadi.

Cyber Heroes menceritakan perjalanan Kai, seorang penjaga portal komentar dari penjahat komentar jahat. Meskipun Kai adalah orang yang kuat dan lincah, dirinya tidak dapat mengalahkan semua penjahat komentar jahat sendirian. Maka dari itu Vivi, teman setia Kai selalu membantunya. Bersama-sama mereka mengalahkan komentar jahat dan berusaha menghentikan cyberbullying. Terdapat 2 karakter Heroes dan 3 karakter Villains, serta 2 tempat yang terjadi di film ini.

Heroes pertama adalah Kai. Kai adalah seorang karakter penjaga portal komentar dari komentar-komentar jahat. Dirinya adalah pribadi yang sangat percaya diri, bersemangat, tidak mudah putus asa, dan selalu menjunjung tinggi pertemanan. Penulis ingin membuat karakter yang imut dan lucu untuk menyeimbangkan karakter Kai. Maka dari itu penulis membuat desain karakter ini berdasarkan bentuk lingkaran dengan bentuk tubuh yang cenderung kecil dan juga mata nya yang besar. Vivi merupakan teman setia yang selalu mendampingi Kai.

Villain atau musuh pada film ini dibuat untuk menggambarkan bentuk dari cybercrime. Disini penulis mengkategorikan musuh kedalam 3 level. Level pertama dimana pesan spam (menampilkan berita atau keperluan lainnya secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya) yang bermunculan dan mulai mengganggu seseorang. Level kedua adalah Trolling / pengiriman pesan menjengkelkan di jejaring sosial ataupun ruang obrolan. Dan level ketiga adalah ketika seseorang mengirimkan pesan mengancam nyawa atau ejekan yang cukup parah sehingga membuat penerima mulai mengalami gangguan mental dan berdampak pada kematian.

Wi-fi router digunakan oleh karakter utama untuk masuk sebelum ke dalam internet. Didalam wi-fi router ini terdapat portal yang bisa memindahkan semua karakter ke dalam internet. Sama seperti namanya, tempat ini dibuat menyerupai isi didalam wi-fi router yang asli.