Bicara Uang adalah sebuah animasi edukasi bertema keuangan yang menceritakan tentang remaja yang ingin mencapai tujuan keuangannya yaitu pergi liburan, namun dikarenakan masih rendahnya pengetahuan keuangan yang ia miliki, dia mulai belajar melakukan perencanaan keuangan supaya bisa menyisihkan uangnya untuk bisa pergi liburan. Lalu apa saja cara melakukan perencanaan keuangan yang dibahas dalam animasi ini supaya bisa mencapai tujuan keuangan?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yang pertama dengan menentukan skala prioritas kebutuhan supaya bisa menghemat pengeluaran, yang kedua yaitu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran dan yang terakhir adalah menyisihkan untuk ditabung dalam bentuk invetasi reksadana dan saham supaya membantu untuk mempercepat tujuan keuangan. Sehingga dengan upaya-upaya tersebut dapat membantu si remaja untuk mencapai tujuan keuangannya.

Selain dari pembahasan mengenai keuangan, dalam animasi ini juga menggunakan style flat design, hal ini dikarenakan style tersebut dapat mempersingkat penjelasan kepada penonton karena desainnya yang sederhana.

Dalam proses pembuatan film edukasi “Bicara Uang” dimulai dengan membuat naskah. Namun sebelumnya juga, penulis sudah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang salah satunya seperti melakukan wawancara secara langsung ke narasumber yang ahli di bidang keuangan. Setelah penulis mendapat informasi dari wawancara, kemudian informasi tersebut dirangkum untuk menjadi tambahan informasi yang dimasukan ke dalam narasi. Setelah narasi telah selesai disusun, penulis memulai untuk masuk ke dalam tahap storyboard yaitu dengan memvisualkan dari kalimat yang ada di narasi sehingga saat nanti gambar digerrakan maka akan sesuai juga dengan teks narasi yang disampaikan. Setelah storyboard selesai, dilanjutkan dengan membuat aset yang sudah di warnai dengan menggunakan Adobe Illustrator. Saat ketiga tahap ini selesai maka siap untuk dilakukan animate hingga rendering.

Demikian proses pembuatan animasi edukasi ini yang dapat penulis jabarkan secara singkat. Penulis harapkan ke depannya dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat menginspirasi pembaca.