Ally and Friends merupakan serial animasi 2D berbasis IP yang membawakan konten-konten mengenai budaya Indonesia secara garis besar seperti makanan, mainan, tarian, dan benda-benda tradisional lainnya, dipadukan dengan tema luar angkasa. Serial ini dibawakan oleh 4 karakter utama yaitu Ally, Lily adiknya, LYXX yang merupakan robot canggih milih Ally, dan Menx kucing peliharaan Ally dan Lily.

Pembuatan trailer serial Ally and Friends mengikuti pipeline produksi dari animasi, yaitu pre-production, production, dan pra-production. Pada tahap pre-production atau tahap awal produksi, saya pertamakali memikirkan konsep yang akan dibawakan dengan memikirkan latar belakang yang akan dibahas. Dari situ saya melalukan research dan study existing, melalui sumber seperti buku, jurnal, video, media sosial, dan lain-lain, terkait dengan konsep yang dibawakan yaitu budaya Indonesia dan luar angkasa.

Saya juga mengumpulkan berbagai macam referensi untuk mendukung setiap komponen dari serial ini. Langkah selanjutnya adalah memikirkan desain karakter sekaligus alur ceritanya. Desain karakter dibuat dengan beberapa alternatif, kemudian dipilih berdasarkan bentuk yang lebih sesuai. Selain bentuk karakter, juga dilakukan pemilihan warna dengan membuat color pallete. Untuk alur cerita, pertama-tama membuat premis lalu menjadi sebuah rangkaian cerita yang agak kompleks. Dari situ kemudian membuat storyboard.

Tahap selanjutnya adalah production atau produksi, yaitu tahap pembuatan dari serial ini yang diawali dengan membuat storyboard menjadi bentuk animasi, atau pre-visual (previs). Tahap ini juga menentukan durasi video dan juga sfx pendukung. Setelah jadi, dilanjutkan dengan memasukkan segala macam aset yang sudah dibuat dan dianimasikan sesuai dengan previs tadi. Tahap terakhir atau pre-production, adalah tahap finishing dari video yang sudah di-animate, seperti menambahkan sfx, color grading, dan yang terakhir adalah rendering.