A Bonis Ad Meliora merupakan sebuah IP yang dibuat dengan tujuan mengedukasi/ memberi tahu orang mengenai foraging. Jade Fleursword, karakter utamanya merupakan seorang herbalis untuk mendukung tema foraging tersebut. Premis dari IP tersebut adalah;
Seorang herbalist muda impulsif yang memutuskan untuk membuka sebuah toko obat meskipun ia tidak mempunyai pengalaman sebelumnya sembari menghidupi ia dan adiknya.

A Bonis Ad Meliora merupakan tugas akhir karakter IP tentang foraging dengan karakter herbalis. Pada artikel ini, terdapat pembahasan mengenai proses perancangan karakternya.
Pada proses pembuatan A Bonis Ad Meliora dimulai dengan proses pencarian ide/ referensi mengenai apa yang ingin dibuat. Kedua karakter A Bonis Ad Meliora tersebut terdapat beberapa revisi pada awalnya, terutama Jade. Pada karakter Jade yang awalnya memiliki rambut pendek menjadi panjang, dan sebaliknya dengan Gale. Pada kedua karakter tersebut mereka sengaja dibuat berbeda dari stereotype tertentu. Dalam desain karakter, dibuat desainnya agak bertolak belakang dengan yang lain, begitu juga dengan sifatnya.
Terdapat juga dibuat beberapa background untuk mendukung world building karakter IP tersebut. Dalam IP ini, sejauh ini terdapat 4 background, yaitu sebuah hutan, jalanan menuju hutan dan rukonya, serta rukonya.
Dalam IP ini, dibuat dengan tujuan agar dapat diangkat dalam berbagai macam media hiburan seperti komik, film, animasi, dan lainnya. Dibuat juga dengan tujuan agar dapat dijadikan sebuah maskot IP tertentu. Selain itu, sengaja dibuat adanya edukasi disampingnya, tujuannya untuk memberikan orang edukasi sambil mengomsumsi media hiburan.
Dibuat juga sebuah trailer untuk media promosi tersebut. Berikut beberapa scene dalam trailer A Bonis Ad Meliora:

Demikian sekilas proses pembuatan IP “A Bonis Ad Meliora”, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi yang membacanya. Sekian dan terima kasih