UNImals adalah sebuah Intellectual Property bertema Slice of Life yang bercerita tentang kehidupan tiga mahasiswa rantau yang mencoba beradaptasi di lingkungan yang baru dan berusaha mengatasi culture shock yang mereka hadapi. Dalam pembuatan sebuah IP, aspek yang harus diperhatikan adalah dalam segi desain karakter, karena karakter ini yang nantinya akan menjadi nilai jual dari IP tersebut. Dalam mendesain karakter, saya mencoba mengeksplorasi style dan bentuk dari karakter seperti pada gambar dibawah.

Untuk proses ini saya awalnya mencari beberapa referensi artstyle yang menarik dan mencoba mengimplementasikan karakter saya ke dalam art style tersebut dan membandingkan hasil dari beberapa artstyle yang telah dipilih. Saya menggunakan karakter utama “Abyan” sebagai acuan eksplorasi. Setelah menemukan artstyle yang cocok, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mencoba membuat dua karakter lainnya dengan artstyle tersebut. Setelah itu barulah didapat desain akhir dari ketiga karakter utama dengan style yang diinginkan.

Selain itu gestur dari tiap karakter juga perlu diperhatikan agar tiap karakter terlihat lebih hidup dan nyata, selain itu alasan mengapa gestur penting adalah untuk memberikan kepribadian yang kuat untuk tiap karakter. Maka dari itu saya mencoba membuat beberapa ilustrasi gestur yang menggambarkan kepribadian yang dimiliki oleh tiap karakter. Abyan yang menyukai teknologi, makanan, dan idol korea, Arunika yang senang membaca dan berbelanja, lalu bagas yang sangat suka olahraga dapat terlihat dari beberapa ilustrasi dibawah ini.