“POP LOCAL GHOST” merupakan intellectual property figure dengan karakter hantu lokal. IP ini menggunakan pendekatan dengan style chibi yang menggemaskan dan imut, lalu dengan paduan horor yang sudah tercipta dari pada dasar hantu tersebut. Visual juga menekan pada karakter yang kuat dengan aksesoris dan properti yang ada pada karakter. Visual diciptakan dengan teori pendukung, buku pendukung, jurnal, obervasi, referensi dan studi market.
Pembahasan dalam artikel ini akan membahas pembuatan visual dengan teknik grayscale.
Proses Pembuatan – Kunmell
Pembuatan karakter dimulai dari membuat sketsa explorasi dari karakter Kunmell. Lalu setelah mendapat visual yang ditetapkan maka lanjut pada proses rendering illustrasi kunmell. Teknik grayscale digunakan dalam menyelesaikan rendering illustrasi karena selain untuk mempercepat pengerjaan juga guna untuk tidak terjebak dalam pemberian warna pada illustrasi. Mengapa teknik graysscale dapat membantu untuk menyelaraskan warna pada illustrasi, karena dalam teknik grayscale sudah ditentukan gelap terang dari suatu permukaan objek yang mana tiap texture dan jatuhnya cahaya akan menghasilkan value yang berbeda.
Penggunaan teknik gray scale dapat dilatih dengan objek sederhana yang terpenting adalah paham dengan alur kerja dan tools pada software yang digunakan untuk dapat menggunakan teknik grayscale.

Seperti penggunaan multiply layer, softlight layer, color layer dan layer normal. Penggunaan color mode layer digunakan untuk memberi warna pada illustrasi yang telah selesai pada tahapan grayscale. Lalu layer normal untuk menyelesaikan proses rendering illustrasi yang pada prosesnya memoles lagi pada illustrasi yang sudah diberi warna oleh color mode layer tadi.