Animasi edukasi tentang “Mitos dan Fakta seputar efek samping kopi bagi kesehatan” Ini adalah video animasi edukasi yang berisikan informasi kaitannya kopi dengan genetika manusia, animasi ini menggunakan jenis animasi 2D dan animasi ini bertujuan untuk mengikuti perkembangan teknologi edukasi yang kian maju sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Dengan begitu selain tujuan untuk mengedukasi para pecinta kopi. Pembuatan Motion Graphic ini bertujuan untuk mengenalkan tren video edukasi sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan mudah untuk di akses oleh masyarakat dan juga untuk mengajak para pecinta kopi agar lebih memperhatikan bahaya dari kopi itu sendiri.

Animasi edukasi tentang “Mitos dan fakta seputar efek samping kopi bagi kesehatan” adalah karya Tugas Akhir Ridho Malik yang berisikan informasi terkait fakta-fakta seputar efek samping kopi. Pada artikel ini, membahas tentang proses perancangan tokoh atau karakternya.

Pada proses pembuatan karakter ini, saya memulainya menggunakan konsep dan desain karakter yang cocok dengan tema kopi dan ilmu kesehatan sebagai tokoh dalam Motion Graphic ini. Penentuan warna dan juga bentuk karakter sangatlah penting. Secara keseluruhan saya membuat karakter yang dikemas jenis animasi 2D dan style iconic agar penonton lebih berfokus kepada inti informasi yang disampaikan. Pada karakter barista saya menambahkan afron agar karakter barista masih berhubungan dengan konsep kopi, karakter dokter sendiri saya tambahkan untuk mengilustrasikan pada bidang kesehatan. Sedangkan warna pakaian dari karakter saya memilihnya berdasarkan dari arti warna itu sendiri. Setelah mendapatkan seketsa karakter yang sesuai maka selanjutnya adalah membuat karakter 2D menggunakan Pen Tool, berikut hasilnya:

Dalam animasi edukasi ini yang paling saya tonjolkan adalah environment dan bentuk karakter dari setiap karakter terutama pada karakter barista, dokter dan orang kantoran. Karena saya merasa penonton lebih mudah menyerap informasi ketika melihat visualnya. Tone warna yang saya gunakan merupakan warna-warna cerah dan dikombinasikan dengan sentuhan warna gradasi pada background untuk menambah kesan ceria.

Berikut beberapa scene dalam video Animasi Edukasi “Mitos dan fakta seputar efek samping kopi bagi kesehatan” :