Mabolabo adalah proyek IP untuk serial animasi pendek. Tujuan penelitian adalah perancangan IP untuk serial animasi pendek dengan judul “Mabolabo” menceritakan tentang kelinci dan teman-temannya yang memiliki tujuan membuat manusia bahagia. IP untuk serial pendek ini bertujuan sebagai opsi stress- relief untuk anak muda. IP bergenre slice of life dan heartwarming dengan konsep cerita pendek dan style animasi simple terinspirasi dari IP Gudetama dan Rilakkuma berdurasi dibawah 3 menit dengan inspirasi warna dari animasi BT21. Metode perancangan IP menggunakan pipeline produksi film animasi, yaitu pre-production, production, dan production. Hasil akhir perancangan ini adalah trailer serial animasi, workbook pembuatan IP, dan contoh episode animasi pendek yang menghibur dengan harapan memberikan rasa rileks kepada penonton.

Trailer dibuka dengan Mabo sedang mengetik dengan muka yang serius. Lighting berasal dari cahaya bulan dari jendela depan (dalam scene terlihat dari samping). Terdapat glow pada laptop dikarenakan sinar dari layar laptop. BGM yang digunakan adalah PPozak PPozak yang riang yang dicampur dengan ambience malam.

Layar laptop menampilkan Mabo yang sedang mengumpulkan tugas. Seteleha selesai mengumpulkan tugas Mabo meregangkan badannya karena capek setelah mengerjakan tugas.

Scene menampilkan background ruang belajar Mabo yang berisikan buku, piala, dan alat untuk melakukan eksperimen. Meja Mabo dekat dengan jendela sehingga cahaya dari luar dapat masuk dan menerangi meski malam.

Terdengar bunyi notif, layer laptop menunjukan bahwa hasil dapat dilihat. Mabo deg-degan, menutup mata kemudian melihat hasil. Ia merasa senang karena mendapatkan peringkat pertama. Voiceover dimulai dari akhir gambar ke 3.

Mabo digambarkan menjadi batu karena saking kecewanya. Cacao muncul sambal berlari untuk menunjukan betapa hebohnya dia.

Scene selanjutnya adalah kerja kelompok yang tidak pernah berjalan dengan baik. Cacao menumpahkan larutan yang harusnya di campur ke buku instruksi. Sedangkan Toto hanya berdiam saja menyaksikan semuanya. Toto yang tertidur di tengah jalan membuat Mabo yang sedang membawa kertas banyak terjatuh. Cacao dan Toto yang tidak mendengarkan intruksi dari Mabo. Merasa kesal karena kerja kelompok tidak berjalan Mabo pun marah dan mulai memukuli Cacao dan Toto dengan harapan dapat membuat mereka mau mengerjakan tugas dengan baik.

Mabo pun mengamuk digambarkan dengan Mabo yang tersulut api. Mabo memukul Cacao dan menendang Toto membuat mereka ketakutan. Selagi Mabo membully teman sekelompoknya tiba-tiba Lou membuka pintu, membuat Mabo kaget.

Kedatangan Lou ke rumah Mabo karena adanya perubahan pada kelompok sehingga Lou menjadi satu kelompok dengan Mabo, Cacao dan Toto. Mendengar itu Mabo mau tak mau menerimanya dalam kelompok meski malu setengah mati karena imejnya sudah hancur di depan orang yang dia sukai.

Ending trailer digambarkan Mabo yang jaga imej kepada Lou akan tetapi saat Lou tidak melihat ia membully Cacao dan Toto yang main-main dengan tujuan ingin membuat penonton penasaran dengan pilihan apakah yang akan dipilih Mabo dalam serial animasi.

Sekian dari saya, terima kasih!