“FREE SHAPE“adalah sebuah film animasi pendek 2 dimensi yang mengangkat tema krisis identitas. Yang berkonsep dimana sebuah planet lain yang mirip bumi dimana setiap mahluk mempunyai bentuk kepala, rumah, keseharian dan pekerjaan yang sesuai dengan bentuk kepala yang berciri khas.

Film ini ditujukan untuk remaja dan orang-orang yang mengalami krisis identitas dan berusaha keras untuk merubah dirinya. Oleh karena itu penulis membuat Visual Style dan Story Style yang berunsur semiotika agar tetap menarik untuk ditonton dan juga menyampaikan moral yang kuat dan tepat.
Berikut adalah tahap-tahap yang dilakukan saat melakukan produksi film Free Shape

Pre-Production
Sebelum memulai produksi, tentunya penulis melakukan riset desain untuk setiap karakter dan aset yang ada. Karena protagonis didalam cerita sangat berperan penting untuk menyampaikan moral, penulis mencoba lebih menonjolkan bentuk sang protagonis yang menarik dan berkesan.

Nopy

Nopy, salah satu pekerja dari oEarth (other Earth). Ia dan teman-temannya yang serupa ditugaskan untuk menjadi pegawai kantor. Nopy yang sudah terbiasa dan handal dalam pekerjaanya, menjadi bosan akan pekerjaannya dan selalu berpikir bahwa pekerjaan yang lain itu lebih mudah dan menyenangkan. Sifat jeleknya ini membuat dia meninggalkan tugasnya, dan sifat yang sama akan menentukan takdirnya dalam cerita ini.

Nopy terinspirasi dari karakter Larry dari Gumball, Paul dari Inner Working dan Purl dari Purl. penulis membuat sketsa yang berbentuk persegi karena bentuk tersebut cenderung mewakili karakter yang kaku dan teledor. Kemudian penulis mengimplementasikan warna dan cahaya yang akhirnya menjadi salah satu desain terpilih. Namun topi yang ada pada sketsa awal dihilangkan agar sesuai dengan alur cerita yang di inginkan. yang kemudian membuat alternatif warna untuk sifat yang dimiliki karakter bernama Nopy yaitu mudah marah dan pemalas setelah itu dipilih warna yang mendekati merah. Selanjutnya, penulis mengimajinasikan apa keseharian Nopy dan membuat ilustrasi ekspresi karakter.